Peningkatan Self Efficacy Matematis melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbasis Autograph
DOI:
https://doi.org/10.30606/absis.v1i2.91Keywords:
Self Efficacy Matematis, Pembelajaran Kooperatif, Two Stray Two Stay, AutographAbstract
Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah sudah memiliki lisensi Autograph. Namun, masih ada mahasiswa yang belum mengenal atau menggunakan software Autograph. Oleh karena itu, mahasiswa perlu diajarkan dengan software Autograph yang dapat mempermudah dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata kuliah Geometri Analitik Bidang. Pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) merupakan salah satu pembelajaran yang menuntut mahasiswa lebih aktif. Dalam pembelajaran TSTS mahasiswa terdiri dari 2 orang yang tinggal di kelompoknya dan 2 menjadi tamu ke kelompok lain. Dengan pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbasis Aoutograph dapat meningkatkan self efficacy matematis. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III Pendidikan Matematika di Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah dan sampenya 30 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self efficacy matematis. Analisis dalam penelitian ini akan di analisis dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh nilai t hitung 3,479 lebih dan t tabel 2,003. Karena t hitung lebih besar dari t tabel, maka terdapat peningkatan self efficacy matematis dengan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbasis Autograph.