Pengembangan Video Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.30606/absis.v3i1.497Keywords:
Video Pembelajaran, Bangun Ruang Sisi Datar, GeoGebraAbstract
Pemanfaatan video dalam pembelajaran geometri sangat dibutuhkan oleh siswa diera digital ini. Video yang digunakan sebaiknya dapat menumbuhkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Pembelajaran geometri membutuhkan simulasi dan animasi dalam menemukan konsepnya. Salah satu aplikasi yang dapat memberikan tampilan representative pada materi geometri adalah Geogebra. Dengan demikian dibutuhkan Video Pembelajaran menggunakan aplikasi Geogebra. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran matematika dengan menggunkan aplikasi geogebra pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Pengembangan video pembelajaran matematika ini menggunakan tahap pengembangan 3-D yang terdiri atas tiga tahapan yaitu tahap Define (Pendefenisian), tahap Design (Perancangan) dan tahap Development (Pengembangan). Hasil penelitian yang telah melalui validasi oleh dua orang validator menunjukkan bahwa produk berupa video pembelajaran matematika yang dihasilkan sangat valid sehingga layak digunakan oleh siswa SMP dan guru mata pelajaran matematika. Video pembelajaran ini berisi penjelasan tentang materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Dari validasi yang dilakukan diperoleh hasil rata-rata keseluruhan aspek penilaian adalah dengan kategori Sangat Valid. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil validasi video pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi GeoGebra yang dikembangkan adalah Sangat Valid
Downloads
References
Aliviah, E. E. & Rhudito, M.A. 2012. Efektifitas Pembelajaran dengan Program Geogebra Dibanding Pembelajaran Konvensional pada Topik Grafik Fungsi Kuadrat Kelas X SMA Pangudi Luhur Yogyakarta. Prosiding. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FMIPA UNY.
Daeng, I, T, M. dkk. 2017. Penggunaan Smartphone dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. e-jurnal Acta Diuma. 6(1). 1-15.
Efendi, I. 2018. Manfaat Komputer dalam Dunia Pendidikan. https://www.it-jurnal.com/manfaat-komputer-dalam-dunia-pendidikan/#comments, diakses 12 Juli 2020.
Negari, H. 2012. Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran. https://herminegari.wordpress.com/perkuliahan/fungsi-dan-manfaat-media-pembelajaran/, diakses 4 Februari 2020.
Saadah, I. D. dkk. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi dengan Menggunakan Adobe After Effect”. (Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya). Tidak diterbitkan.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumaji. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis. Prosiding. Makalah dipresentasikan dalam Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wahyana, R. dkk. 2018. Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Proshow pada Materi Satuan Ukur dan Berat. Journal Template. 1(2). 449-458.