Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN 50 Bengkalis Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.30606/absis.v1i2.89Keywords:
Pembelajaran kooperatif tipe NHT, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas V SDN 50 Bengkalis melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian yang dilaksanakan di kelas tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data aktivitas dan nilai siswa diperoleh dari lembar pengamatan melalui observasi dan ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas, yaitu dari 58,57 pada data awal menjadi 77,32 pada siklus I dan 87,14 pada siklus II. Tingkat ketuntasan individu siswa juga mengalami peningkatan dari 28,57% menjadi 78,57% pada siklus I dan 92,86% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa Kelas V SDN 50 Bengkalis Tahun Pelajaran 2018/2019