Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing Di Kelas VII Mts Alwashliyah Gedung Johor
DOI:
https://doi.org/10.30606/absis.v4i1.948Keywords:
Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar, guided discovery learning, mathematical problem-solving skills, self-regulated learningAbstract
This study aims to improve students' mathematical problem-solving abilities and self-regulated learning through guided discovery learning for class VII students of MTs Alwashliyah Gedung Johor Medan. This research is an experimental study with a pretest-posttest design. The population in this study were all class VII students, totaling 42 students. The instrument used is a mathematical problem-solving ability test and a learning independence questionnaire. This study indicates that the average value of the initial test of problem-solving ability is 43.05, and the average value of the final test of learning independence is 57.55. The average value of the initial questionnaire for learning independence was 63.88, and the average value of the final questionnaire was 70.76. The results of the Mathematical Problem Solving Ability test's hypothesis test with t-count = 10,073 and t-table = 1,66 so that t-count > t-table. The Independent Learning Questionnaire hypothesis results with t-count = 3.53 and t-table = 1.66 so that t-count > t-table. The result shows that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is an increase in mathematical problem-solving abilities and student learning independence through guided discovery learning before and after being given treatment.
Downloads
References
Agusman, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Program Komputer-Exel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Turunan Fungsi Kelas XI IPA SMA Al-Ulum Medan. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(2), 01-08.
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.
Ariyanti, A., & Muslimin, Z. I. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelas 2 di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1).
Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435-446.
Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69-78.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik. Bandung: PT Refika Aditama.
Ihsan, I. R., & Iskandar, R. S. F. (2018). Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Tipe Minds, Suatu Alternatif Model Pembelajaran Untuk Membiasakan Peserta Didik Belajar Matematika Secara Mandiri.
Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan problem based learning untuk siswa kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17-27.
Milsan, A. L., & Wewe, M. (2019). Hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar matematika. Journal of Education Technology, 2(2), 65-99.
Nahdi, D. S. (2017). Self regulated learning sebagai karakter dalam pembelajaran matematika. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 20-27.
Nurulhaq, Y., Syaban, M., & Nurhayati, Y. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Penemuan Terbimbing di Kelas IV Sekolah Dasar. Primaria Educationem Journal (PEJ), 2(2), 193-198.
Purnomo, Y. W. (2011). Keefektifan model penemuan terbimbing dan cooperative learning pada pembelajaran matematika. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(1).
Rahmayani, D. (2020). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Kominikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Ramadhani, R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 104-110.
Ratih, D. (2015). Peningkatan Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 2 Purwodadi Tahun Ajaran 2014/2015) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SD dalam pembelajaran matematika dengan model diskursus multy representation (DMR). EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35-46.
Siahaan, E., & Surya, E. (2020). Analisis Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Pelajaran Matematika.
Sufi, L. F. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), 260.
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017, February). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 605-612).
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.