Implementasi Lesson Study untuk Menumbuhkan Keaktifan Belajar dan Kerjasama Mahasiswa

Authors

  • Marfi Ario Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.3

Keywords:

lesson study, kerjasama, keaktifan belajar

Abstract

Tujuan pembelajaran terdiri dari tiga aspek, diantaranya yaitu aspek afektif. Penelitian ini bermaksud untuk menumbuhkan dua diantara sekian banyak kemampuan afektif yaitu kerjasama dan keaktifan belajar mahasiswa. Pembelajaran berkualitas dari seorang dosen dituntut untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Untuk membentuk pembelajaran berkualitas, seorang dosen dapat berkolaborasi dengan dosen yang lain. Atas dasar hal itu, penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menjelaskan implementasi lesson study dalam menumbuhkan kemampuan kerjasama dan keaktifan belajar mahasiswa. Lesson study dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing terdiri dari tahap plan, do, see. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika offering I Universitas Negeri Malang sebanyak 27 orang. Data yang dikumpulkan adalah data tentang kerjasama dan keaktifan belajar mahasiswa. Data dikumpulkan melalui observasi, diskusi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menghitung skor kerjasama dan keaktifan belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan lesson study berjalan dengan baik dan mahasiswa memiliki kemampuan kerjasama dan keaktifan belajar yang sebagian besar masuk pada kategori sangat baik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-08

How to Cite

Ario, M. (2018). Implementasi Lesson Study untuk Menumbuhkan Keaktifan Belajar dan Kerjasama Mahasiswa. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.3

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.