Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VI SD Melalui Soal HOTS

Authors

  • Witiyas Adibta Dzakia Nisa Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30606/absis.v6i2.2396

Keywords:

higher-order thinking skills (HOTS), Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, Soal Cerita, mathematics, problem solving abilities, story problems

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa SD Unggulan Muslimat NU Kudus dalam menyelesaikan soal cerita matematika HOTS. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif, melibatkan 6 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive berdasarkan tingkat kemampuan matematis (tinggi, sedang, rendah). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan variasi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tingkat HOTS yang melibatkan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan bilangan bulat negatif dalam konteks kehidupan sehari-hari. Perbedaan kemampuan disebabkan oleh keunggulan dan kelemahan masing-masing siswa dalam pemecahan masalah soal cerita matematika.  Sehingga dapat disimpulkan dari hasil tes siswa tersebut berdasarkan indikator pemecahan masalah, bahwa siswa sangat menonjol dalam hal melaksanakan rencana dan kurang dalam hal mengevaluasi kembali hasil pekerjaannya.

 

Kata-kata Kunci : HOTS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, Soal Cerita

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, S. B. R., & Ammamiarihta. (2023). Pengembangan Math Pocket Book Tipe Higher Order Thinking Skills (Hots) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 794–809.

Arsy, Y. N., Rahmi, D., & Kurniati, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 099. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.15775

Cahya, N., Astuti, H. P., Rikhayana, N. A., Hanifah, M. W. N., & Ermawati, D. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Kelas III SDN 1 Bumirejo. Taksonomi Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9399

Darmanita, S. Z., & Yusri, M. (2020). Pengoperasian Penelitian Naratif dan Etnografi; Pengertian, Prinsip-Prinsip, Prosedur, Analisis, Interpretasi, dan Pelaporan Temuan. As-Shaff: Jurnal Manajemen Dan Dakwah, 1(1), 24–34. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/asjmd/article/view/75

Ermawati, D., Dyah, F., Pratiwi, A., & Ummayyah, M. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Pembagian dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4698–4709.

Ermawati, D., Zahro, I. P., Anika, R. R., Hindriana, P. T., & Zulfia, S. K. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Kelas IV SD Gempolsongo. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 228–236. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.228-236

Ermawati, D., & Zuliana, E. (2020). Implementation Of Open-Ended Problems On Mathematical Problem-Solving Skill Of Elementary School Students. Jpsd, 6(2), 145–157.

Kania, N., & Arifin, Z. (2019). Analisis Kesulitan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Newman [Analysis of Prospective Elementary School Teachers’ Difficulties in Solving Mathematical Problem Solving Based on Newman’s Proced. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 57–66.

Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian Membaca Soal Cerita terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 179. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.4189

Muhalimah, A. P., Lestari, R., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Penalaran dan Pemecahan Masalah MatematikaTerhadap Siswa Kelas III pada Bimbel Teras Belajar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 1–9.

Musfira, Badjeber, R., & Nursupiamin. (2023). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 728–740. https://journal.upp.ac.id/index.php/absis/article/view/1907

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standards for teaching school mathematics.

Rinditia, D., Wanabuliandari, S., & Kuryanto, M. S. (2022). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Game Edukasi Quizizz. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 37–43. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/178%0Ahttps://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/download/178/189

Riswari, L. A., Mukti, L. I., Tamara, L. F., Ayu, M., Hapsari, P., & Cahyaningrum, D. Y. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Pecahan Siswa Kelas Iii Sdn 2 Karangrejo. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 188–194.

Riswari, L. A., Septiana, E., & Saidah, R. A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas I SD Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Indonesian Journal of Elementary Education, 5(1), 11–20.

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609

Saja’ah, U. F. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 98. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10866

Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1028

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Suryaningsih, I., Nirwana, A. Y., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Kalimat Matematika Di Kelas IV SD. Indonesian Journal 5(1), 31–40. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE/article/view/9082

Widhiyani, I. A. N. T., Sukajaya, I. N., & Suweken, G. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2854

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Nisa, W. A. D., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VI SD Melalui Soal HOTS. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 963–975. https://doi.org/10.30606/absis.v6i2.2396

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.