Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendididikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian

Authors

  • Annajmi Annajmi Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/absis.v1i2.147

Keywords:

kemandirian belajar, matematika diskrit, pendidikan matematika

Abstract

Penelitian ini mengkaji kemandirian belajar mahasiswa pendidikan matematika Universitas Pasir Pengaraian. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemandirian belajar mahasiswa pendidikan matematika Universitas Pasir Pengaraian. Metode penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan sampel mahasiswa yang mengambil matakuliah matematika diskrit tahun akademik 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah angket kemandirian belajar. Hasil angket mendeskripsikan kemandirian belajar mahasiswa secara keseluruhan yaitu 57,58% dengan kategori sedang dan sisanya pada kategori tinggi yaitu 42,42%. Apabila dilihat dari 4 (empat) aspek kemandirian belajar yang diukur yaitu kesadaran berpikir dalam belajar matematika sebesar 45,45% pada kategori tinggi dan 54,55% pada kategori sedang, sementara itu pada aspek pendekatan pembelajaran berbasis masalah dalam diskusi kelompok 42,42% pada kategori tinggi dan 57,58% pada kategori sedang, sedangkan aspek motivasi dalam belajar matematika terdapat 45,45% pada kategori tinggi dan 51,52% pada kategori sedang,  aspek keyakinan dalam belajar matematika terdapat 2% pada kategori sangat tinggi dan 12,12% pada kategori tinggi, 57,58% pada kategori sedang,  terdapat 24,24% pada kategori rendah. Hasil ini menunjukkan secara keseluruhan ataupun masing-masing aspek kemandirian belajar lebih dari 50% berada pada kategori sedang, artinya kemandirian belajar mahasiswa dalam belajar matematika diskrit masih belum cukup baik. Hal ini menunjukkan mahasiswa masih harus diberikan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas atau untuk belajar secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Annajmi, A. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendididikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2), 94–103. https://doi.org/10.30606/absis.v1i2.147

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.