Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Tentang Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian
DOI:
https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.8Keywords:
Persepsi Mahasiswa, PPLAbstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang bertujuan untuk mempraktikkan teori mengajar dan mempelajari informasi riil yang terjadi di sekolah. Pelaksanaan program ini perlu dievaluasi agar dikemudian hari dapat dilaksanakan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa matematika tentang pelaksanaan PPL pada tahun akademik 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran angket kepada mahasiswa matematika yang telah selesai melaksanakan PPL. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa penilaian mahasiswa berbeda-beda tentang pelaksanaan PPL dari berbagai komponen. Sebagian besar mahasiswa merasa siap untuk melaksanakan PPL. Kondisi sarana dan prasarana di sekolah mitra bervariasi: ada yang tersedia dan ada yang yang tidak tersedia. Kinerja Guru pamong dan dosen pembimbing sebagian besar sudah terlaksana dengan baik meskipun terdapat beberapa kinerja yang belum dilaksanakan. Pelaksanaan dan proses evaluasi yang dilakukan guru pamong berjalan dengan baik