Profil Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UPP Tentang Konsep Dasar Persamaan Diferensial Biasa
DOI:
https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.15Keywords:
Pemahaman konsep, Persamaan diferensial biasaAbstract
Persamaan diferensial biasa adalah subjek utama bagi mahasiswa untuk berpikir dalam bentuk implementasi matematika melalui kontekstual untuk memecahkan fenomena dalam masalah kehidupan nyata. Dalam proses belajar persamaan diferensial biasa sulit bagi sebagian mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh persamaan diferensial biasa yang melibatkan derivatif, fungsi, dan konsep integral. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hal ini bertujuan untuk menggambarkan pemahaman siswa pada konsep dasar persamaan diferensial biasa. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa semester V pendidikan matematika Universitas Pasir Pengaraian. Data dikumpulkan melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan terhadap pemahaman konsep dasar persamaan diferensial biasa siswa adalah rendah sebesar 51,19%. Sebagian besar mahasiswa memiliki pemahaman yang rendah dalam hal konsep derivatif dan integral terutama pada fungsi logaritma alami, trigonometri, dan kelalaian faktor akurasi dalam menyelesaikan persamaan diferensial.