Profil Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UPP Tentang Konsep Dasar Persamaan Diferensial Biasa

Authors

  • Lusi Eka Afri Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.15

Keywords:

Pemahaman konsep, Persamaan diferensial biasa

Abstract

Persamaan diferensial biasa adalah subjek utama bagi mahasiswa untuk berpikir dalam bentuk implementasi matematika melalui kontekstual untuk memecahkan fenomena dalam masalah kehidupan nyata. Dalam proses belajar persamaan diferensial biasa sulit bagi sebagian mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh persamaan diferensial biasa yang melibatkan derivatif, fungsi, dan konsep integral. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hal ini bertujuan untuk menggambarkan pemahaman siswa pada konsep dasar persamaan diferensial biasa. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa semester V pendidikan matematika Universitas Pasir Pengaraian. Data dikumpulkan melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan terhadap pemahaman konsep dasar persamaan diferensial biasa siswa adalah rendah sebesar 51,19%. Sebagian besar mahasiswa memiliki pemahaman yang rendah dalam hal konsep derivatif dan integral terutama pada fungsi logaritma alami, trigonometri, dan kelalaian faktor akurasi dalam menyelesaikan persamaan diferensial.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-10

How to Cite

Afri, L. E. (2018). Profil Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UPP Tentang Konsep Dasar Persamaan Diferensial Biasa. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 35–42. https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.15

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.