Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Prisma Dan Limas Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.30606/absis.v4i1.837Keywords:
learning material, realistic mathematics education, lessons plan, students worksheetAbstract
This study aims to produce mathematics learning tools in the form of Lesson Plans (RPP) and Student Worksheets (LKPD) with Realistic Mathematics Education (RME) Approaches in Junior High Schools that have been tested valid. This study uses the development or R&D method using the ADDIE model, namely: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, and 5) Evaluation. The data collection technique used is validation data from experts. The data analysis technique is validation data analysis. From the study results, the results of the RPP validation were 86.77% in the very valid category, and the LKPD validation results were 85.41% in the very valid category. This study obtained that the mathematics learning tools with the Realistic Mathematics Education (RME) Approach in Junior High Schools were very valid.
Downloads
References
Ainin, M. 2013. Penelitian Pengembangan dalam Pembelajaran Bahasa Arabi. OKARA:Jurnal Bahasa dan Sastra , 7(2).
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ariawan, R., & Putri, K Januarita. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning disertai Pendekatan Visual Thinking pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning). Vol.3, No.3
Aulia, Sthephani., & Tarmizi, Alim. 2020. Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Cerita Rakyat Melayu Riau). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol.8, No.2.
Berlin, Sani. 2018. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.
Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3, No.1.
Dhoruri, Atmini. 2010. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Skripsi Pendidikan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.
Gea, Nopelina. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Matriks di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Skripsi Pendidikan Matematika. Universitas Islam Riau.
Hanafy, Muh. Sain. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol. 16, No. 1.
Harahap, Nur Amaliyah.2018. Efektivitas Pengunaan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di Kelas XI SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1, No.2
Herlina, Sari., Dkk. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model GUIDED DISCOVERY LEARNING Pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa Kelas X SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol. 7, No. 1.
Lasati, Dwi. 2006. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Pembelajaran Persamaan Garis Lurus Siswa SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal Pendidikan Inovatif, Vol.1, No.1.
Nurhayati. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel di Kelas VII SMP. Skripsi Pendidikan Matematika. Universitas Islam Riau.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005. Standar Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Riska., dkk. 2016. Bahan Ajar Luas Permukaan Prisma dan Limas Berbasis Pendekatan RME untuk Siswa SMP. Seminar Nasional dan Lokakarya PISA. FKIP Universitas Sriwijaya.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Tanjung, Henra Saputra. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Jurnal Genta Mulia, Vol.9, No.2.