PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SISTEM PENCERNAAN
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v10i2.1147Keywords:
Model pembelajaran picture and picture,, hasil belajarAbstract
Salah satu cara membuat pembelajaran di kelas menjadi aktif dan menyenangkan adalah dengan menerapkan model pembelajaran cooperative. Dengan menerapkan Model pembelajaran cooperative picture and picture dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Rambah. Jenis penelitian ini adalah Quasi exsperiment. Rancangan yang digunakan adalah nonequivalent groups pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 57 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel secara non random sampling. Teknik pengumpulan data tes soal objektif. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari uji t didapat nilai thitung = 14,143 dan nilai ttabel= 1,703. Karena thitung > ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan model cooperative learning terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Sistem Pencernaan
Downloads
References
Handayani, N,M,D.,Ni, N,G., dan Ni, W,S. 2017. Model Pembelajaran Picture and Picture berbantuan media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal Of Education Tecnology. 1 (3): 176-182.
Hamiyah dan Jauhar, M. 2014. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Prestasi Pustaka: Jakarta.
Khalim, A,R Dan Marliza, O. 2020. The Effect Of The Use Of Cooperative Learning Models Of Picture And Picture Type On The Results Of Learning Islamic Religion Education. Jurnal Teknologi Pendidikan. 9 (1): 109-126.
Lufri. 2007. Staregi Pembelajaran Biologi Teori, Praktek dan Penelitian. UNP Press: Padang.
Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional. 2013. Presiden Republik Indonesia. Jakarta.
Susanti, P,A dan Ni, N,K.2017. Penerapan Model Picture and Picture Berbasis Pendekatan Sainstifik untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1 (2): 99-106 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar MODEL PICTURE AND PICTURE BERBASPENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL PENGETAHUAN IPA
Seran, E,Y dan Veronika, S.L. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (1): 1-8.
Wahyuni, S,.Rena,L Dan Dahlia. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Colek Pipi (Cooperative Learning Picture And Picture) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Viii Smp Muhammadiyah Rambah Kabupaten Rokan Hulu Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Mahasiswa Prodi Biologi UPP. 1 (1): 1-4.
Wiyati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UR. 7 (1): 88-95.