Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI IPA3 SMA Negeri 001 Tambusai Utara Tahun Pelajaran 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v8i1.805Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS),, Hasil Belajar,, Pembelajaran FisikaAbstract
Hasil belajar sisika siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Tambusai Utara, belum menunjukkan hasil yang maksimal. Terbukti hasil ulangan harian masih rendah, dari 26 siswa hanya 13 siswa (50%) yang mendapat nilai mencapai KKM yang ditetapkan yakni 70. Salaha satu rendahnya hasil belajar sisika, adalah sebagai besar (75%) siswa tidak dapat menjawab soal ulangan harian. Peneliti melakukan perbaikan pebelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika. Penelitian dilakukan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrument data yang digunakan adalah test hasil belajar adan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model belajar akooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Tambusai Utara. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I ada 19 siswa (73,07) dan pada Siklus II meningkat menjadi 25 Siswa ( 96,15% ). Hal ini disebabkan Karen model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Arikunto, S. Dkk (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumu Asara.
Dariyanto & Rahardjo, M. (2003). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyajarta : Grava Media.
Depdiknas. (2006). KTSP. Jakarta : Depdiknas.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajartan. Jakarta : Rineka Cipta.
Ibrahim, M. Dkk (2000). Pembelaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya.
Lie, A. (2008). Cooperative Learning mempraktikkan Kooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : Garsindo.
Nihayati. (2008). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Yang Diawali dengan Pembelajaran Soal Cerita Pada Siswa Kelas V SD Negeri 007 SEKIP HULU, Skripsi.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slavin (2009). Cooperative Learning Theory Reseach And Practice. Boston Allyn and Bacon Publisher.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Syah,M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.
Suyadi. (2012). Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Trianto (2009). Mendesain model Pembelajaran Inovatif _ Progresif : KOnsep Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikuum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana.
Tani Redja, Tukiran, Dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis dan Mudah. Bandung : Alfa Beto.