MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN 002 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • HARDAWATI HARDAWATI Guru SD Negeri 002 Rambah

Keywords:

Model pembelajaran Inkuiri, pengelolaan dan pembelajaran Berhitung

Abstract

Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan Hasil belajar Siswa pada Pelajaran matematika dengan menggunakan Model pembelajaran inkuiri. hasil penelitian menunjukkan melalui model inkuiri ternyata hasil belajar siswa meningkat. dari Pra Siklus , siklus I (pertemuan 1 dan 2) dan siklus II(pertemuan 1 dan 2). Dari hasil analisis didapat Ketercapain Hasil  belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari pra siklus persentase hasil belajar siswa (66,67%) siklus I pertemuan 1 (75,24%) pertemuan 2 (80,71%) Siklus II pertemuan 1 (86,67%) pertemuan 2 (90,24%) Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Inkuiri dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa Kelas I SD Negeri 002 Rambah serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran  matematika .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto, M. Pd. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana, 2016

Depdiknas, (2016) Permendiknas no 14 tentang Kopetensi indi dan Kopetensi dasar, Jakarta : Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional, (2006) Panduan Kurikulum Pendidikan (KTSP)SD/MI, Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas, (2006) Permendiknas no 22 tentang Standar Isi, Jakarta : Depdiknas

Dimyanti, (2006)Belajar dan Pembelajaran , Jakarta : Rineka Cipta.

Gulo, (2002),Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Grasindo

Indrawati, Dra. (1999)Model – Model Pembelajaran matematika Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : Jenderal Pendidikan Dasar dan menengah Pusat.

Suryosubroto, (1993) Proses Belajar Mengajar di sekolah, Jakarta : Rineka Cipta..

Sumedang, STKIP Sebelas April. "Efektivitas dan pengaruh model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar." (2015).

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

HARDAWATI, H. (2021). MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN 002 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Edu Research, 10(1), 1–5. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/edureseach/article/view/975

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.