PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA, PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS KELAS X MIA3 SMA NEGERI 1 KEPENUHAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • nurosso nurosso SMA Negeri 1 Kepenuhan

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.792

Keywords:

Aktivitas Siswa,, Hasil Belajar,, Model Kooperatif Learning,, Metode Think Pair Share (TPS),

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar kimia Siswa Kelas X MIA3 SMA Negeri 1 Kepenuhan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan sampel 30 orang siswa. Hasil belajar kimia diketahui dari nilai ujian akhir setiap siklus, sedangkan aktivitas siswa diamati selama proses pembelajaran berlangsung yang meliputi kemampuan siswa menuliskan pendapat sendiri, bekerjasama dalam pasangan, mengajukan pendapat, berdiskusi dalam kelompok, dan bertanya kepada guru. Terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar kimia yang diikuti dengan peningkatan aktivitas belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kepenuhan TP 2018/2019. Peningkatan ini terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 72,50 sebelum siklus, 78,33 pada siklus 1, kemudian meningkat menjadi 84,17 pada siklus 2. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan 36,67% sebelum siklus, 63,33% pada siklus 1, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 96,67%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah terpenuhi yaitu 85% dari jumlah siswa memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan KKM (76). Dengan demikiaan Ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah terpenuhi yaitu ≥ 85% dari jumlah siswa mencapai ketuntasan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi aksara.
Kartini,dkk. Sains KIMIA 1.Jakarta. PT Bumi Aksara
Lie, A. 2004. Cooperative Learning Mempraktekkan di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Pambudi,TY. 2013. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tps (think pair share) melalui snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas x pada kompetensi yang berkaitan dengan redoks. Skripsi. Semarang : UNNES
Sri Rahayu N., dkk 2016. Kimia SMA Kelompok Peminatan MIPA. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2020-06-29

How to Cite

nurosso, nurosso. (2020). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA, PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS KELAS X MIA3 SMA NEGERI 1 KEPENUHAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Edu Research, 9(1), 22–28. https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.792

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.