UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINIER KELAS XI MIPA SEMESTER 1 SMA NEGERI 2 UJUNGBATU TP. 2018/2019 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Authors

  • popi rohesti SMA Negeri 2 Ujungbatu

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.794

Keywords:

Hasil Belajar,, Metode Student Teams Achivement Division (STAD),

Abstract

Hasil belajar Matematika siswa kelas XI MIPA  SMA Negeri 2 Ujungbatu masih relatif rendah yang ditunjukkan dengan sedikitnya jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar yaitu sebesar 48,39 %. Selain itu keterlibatan siswa selama pembelajaran pun masih terbilang rendah. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini adalah dengan ceramah dan cara ini ternyata kurang efektif untuk mencapai ketuntasan belajar siswa. Permasalahan yang ingin diungkap adalah apakah penggunaan metode Student Teams Achivement Division(STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Ujungabatu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI semester 1 SMA Negeri 2 Ujungbatu, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Ujungbatu dan terbagi menjadi dua siklus, di mana pada setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus 1 sebesar 70,19 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80,37. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus 1 sebesar 61,29 % dan menjadi 96,77 %  pada siklus 2. Dari hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah penggunaan metode Student Teams Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajarmatematika siswa kelas XI MIPA  SMA Negeri 2 Ujungbatu, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal yang diharapkan yaitu sebesar 85 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, Prof. Suhardjono, Prof. Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Akasara.
Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi aksara.
Rosihan Ari Y dll. 2016. PRERSPEKTIF MATEMATIKA 2.Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, Robert E. 1995. Cooperatif Learning. Boston London, Allyn and Bacon
Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suherman, Erman, Turmudi, Didi S., Tatang H., Suhendra, Nurjanah. 1990. Petunjuk Praktis Evaluasi Pendidikan. Bandung: Wijaya Kusuma
Drs.Hery Nugroho dll. 2009. Matematika untuk SMA/MA kelas X. Jakarta.Yudistira
Zuriah, Nurul. 2003. Penelitian Tindakan Kelas dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Malang : Bayu Media Publishing.

Downloads

Published

2020-06-29

How to Cite

rohesti, popi. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINIER KELAS XI MIPA SEMESTER 1 SMA NEGERI 2 UJUNGBATU TP. 2018/2019 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). Jurnal Edu Research, 9(1), 29–36. https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.794

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.