PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMOKIMIA TP. 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.799Keywords:
Hasil Belajar, Metode Discovery Learning, Lesson StudyAbstract
Hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tandun masih relatif rendah yang ditunjukkan dengan sedikitnya jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar yaitu sebesar 37,93%. Selain itu keterlibatan siswa selama pembelajaran pun masih terbilang rendah. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini adalah dengan ceramah dan cara ini ternyata kurang efektif untuk mencapai ketuntasan belajar siswa. Permasalahan yang ingin diungkap adalah apakah penggunaan model Discovery Learning berbasis Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tandun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbasis Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI semester 1 SMA Negeri 1 Tandun, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tandun dan terbagi menjadi dua siklus, di mana pada setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus 1 sebesar 68,28 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 85,34. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus 1 sebesar 48,28% dan menjadi 882,76% pada siklus 2. Dari hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah penggunaan metode Discovery Learning berbasis Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tandun, dan meningkatkan profesionalisme guru melalui Lesson Study.
Downloads
References
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi aksara.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Penyusun,T.(2014). Pemendikbud No.59 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.
Puspitadewi,R.,Saputro,A.N.C,.&Ashadi,A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Diccovery Learning untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIA 3 semester genap SMAN 1 Teras Tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(6), 114 – 119
Saito. E. 2006. Development of school based in-service teacher training under the Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Improving Schools. Vol.9 (1): 47-59.
Sudrajat Akhmad., 2008, Lesson Study untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran, dalam All About Education. (Beranda >Kurikulum dan Pembelajaran)
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, Robert E. 1995. Cooperatif Learning. Boston London, Allyn and Bacon
Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Subadi, S. 2010. Lesson Study berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Suatu Model Pembinaan Menuju Guru Profesional. BP-FKIP UMS.