Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Membaca Ekstensif, Membaca Intensif Dan Membaca Cepat Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v8i2.319Keywords:
Hasil Belajar, model pembelajaran inkuiriAbstract
Proses pembelajaran di sekolah jarang terjadi interaksi multi arah, baik antara siswa dengan siswa maupun antara guru dengan siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka guru dituntut untuk melakukan perbaikan dalam pembelajaran, salah satu metode pembelajaran yang dapat di terapkan adalah model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu, subjek penelitian adalah siswa kelas IX dengan jumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri pada pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca ekstensif, membaca intensif dan membaca cepat pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rokan IV Koto Tahun Ajaran 2015/2016.