Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Permainan Bola Voli Mini Siswa Kelas VI SDN 020 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Asri Asri Dasar Negeri SDN 020 Rambah Hilir

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v8i1.801

Keywords:

hasil belajar,, modifikasi,, bola voli mini,

Abstract

Pembelajaran penjas orkes yang sering kali tidak sesuai dengan karateristik siswa membuat kreativitas anak menjadi terabaikan dan hasil pembelajaran menjadi kurang maksimal. Maka perlu adanya modifikasi media pembelajaran yang sesungguhnya. Permasalahan pembelajaran menggunakan modifikasi bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa kelas VI  SDN 020 Rambah Hilir Kabupaten Rokan HuluTahun Pelajaran 2018/2019?” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar bola voli melalui modifikasi bola voli mini. Penelitian ini dilaksanakan di VI SDN 020 Rambah hilir Kabupaten Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2018/2019, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi serta angket/kuesioner yang digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi sepak bola. Data hasil pengamatan siklus I dan II yaitu: unjuk kerja (psikomotor) diperoleh hasil sebesar 56,58% dan 77,21% dengan kriteria baik. Data hasil pengamatan sikap dan perilaku (afektif) adalah 63,67% dan 78,04% dengan kriteria baik. Data hasil penilaian pemahaman siswa (kognitif) sebesar 54,17% dan 95,83% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan perbandingan hasil yang dicapai antara siklus I dan siklus II, secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek terdapat peningkatan. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, disumpilkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modifikasi bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar bola voli siswa. Oleh karena itu diharapkan bagi siswa dengan adanya modifikasi permainan bola voli mini agar lebih semangat lagi mengikuti pembelajaran penjasorkes, bagi guru penjasorkes di VI SDN 020 Rambah hilir Kabupaten Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2018/2019  dapat menggunakan modifikasi bola voli mini dalam pembelajaran bola voli, menggunakan modifikasi permainan bola voli mini sebagai alternatif pembelajaran penjasorkes, senagai sekolah juga diharapkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada sebagai penunjang dalam pembelajaran penjasorkes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Husna M. 2009. 100+Permainan Tradisional Indonesia. Yogyakarta : C.V Andi Offset.
Adang Suherman. 2000. Dasar-dasar Penjaskes. Jakarta : Depdikbud.
Among Ma‟mun dan Yudha Saputra. 2000. Perkembangan gerak dan Belajar Gerak. Jakarta : Depdiknas.
Ateng, Abdul Kadir. 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdikbud.
Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Oktia Woro Kasimi. 1999. Praktikum dan ketrampilan pendidikan kesehatan. Semarang : Fakultas Ilmu Keolahragaan UnVIersitas Negeri Semarang.
Soemitro. 1992. Permainan Kecil. Jakarta : Depdikbud.
Suharsini Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Suherman, dan Bahagia. 2000. Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta : Depdiknas.
Sukintaka. 1992. Teori Bermain. Jakarta : Depdikbud.
Tim Penyusun. 2009. Panduan Penyusunan Skripsi. Semarang : Fakultas Ilmu Keolahragaan UnVIersitas Negeri Semarang.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Usman Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Lutan, Rusli. dan Suherman, Adang. (2000). Perencanaan Pembelajaran Penjas. Depdiknas. Jakarta.

Downloads

Published

2019-06-29

How to Cite

Asri, A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Permainan Bola Voli Mini Siswa Kelas VI SDN 020 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Edu Research, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30606/jer.v8i1.801

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.