Development of contextual approach-based student worksheets to facilitate mathematical problem-solving skills in systems of linear equations in two variables
DOI:
https://doi.org/10.30606/absis.v7i1.2625Keywords:
mathematical problem-solving skills, contextual approach, student worksheet, system of linear equations in two variables, kemampuan pemecahan masalah matematis, CTL, SPLDVAbstract
Dasar permasalahan dari penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis yang siswa miliki tergolong rendah. Penelitian ini bermaksud untuk memproduksi LKPD berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi SPLDV SMP/MTs kelas 8 yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian pengembangan dilaksanakan dengan berpedoman pada model 4D yang terdiri atas empat tahapan yaitu tahap Define (pendefenisian), tahap Design (perancangan), tahap Development (pengembangan) dan tahap Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian melibatkan peserta didik kelas 8 SMP Babussalam Pekanbaru dengan rincian 3 orang peserta didik pada tahap one to one, 6 orang peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan 25 peserta didik pada uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data validitas LKPD dan praktikalitas. Penelitian ini memanfaatkan instrumen data validitas berupa lembar validasi dan instrumen data praktikalitas berupa angket respon siswa. Hasil skor validitas LKPD yang didapatkan sebesar 3,6 dan dikategorikan sangat valid. Sementara itu, hasil skor angket respon peserta didik untuk uji coba kelompok kecil adalah dan untuk uji coba kelompok besar adalah , kedua ujicoba tersebut berkategori sangat praktis. Jadi, disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi KPMM pada materi SPLDV SMP/MTs kelas 8 yang memenuhi kriteria valid dan praktis.
Downloads
References
Akbar, S. (2017). Instrumen perangkat pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Aldila, C., Abdurrahman, & Sesunan, F. (2017). Pengembangan LKPD berbasis STEM untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(4).
Anggriyani, F. C. W. (2020). Pendekatan kontekstual dalam kegiatan belajar mengajar. Jurnal Al-Rabwah, 14(1), 19–38.
Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP berdasarkan gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 481–490. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688
Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Arlina, M. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan pendekatan kontekstual pada materi peluang di SMP. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik peserta didik. Refika Aditama.
Isharyadi, R. (2018). Pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1), 48–55.
Jatisunda, M. G. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP melalui pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Jurnal THEOREMS, 1(1), 35–44.
Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.668
Mukasyaf, F., Kms. M. A. F., & Mukhtar. (2019). Building learning trajectory mathematical problem-solving ability in circle tangent topic by applying metacognition approach. International Education Studies, 12(2), 109.
Nissa, I. C. (2015). Pemecahan masalah matematika (teori dan contoh praktek). Duta Pustaka Ilmu.
Putra, S. R. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Diva Press.
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–19.
Tanti, R. (2010). Kompetensi berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah matematika di SMPN 2 Malang. Jurnal Scientific, 1(1), 72–86.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. ERIC.
Veny, R. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP. Undergraduate Thesis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Wahyuni, Susda Heleni, Atma Murni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.