INTENSIF FINANSIAL, PERTUKARAN PEMIMPIN ANGGOTA DAN LINGKUNGAN KERJA DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA KARYAWAN BANK BPR ROKAN HULU

Authors

  • Rasyid Alkhaffur Universiti Teknikal Malaysia Melaka

DOI:

https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i2.1526

Keywords:

Insentif Finansial, Pertukaran Pemimpin-Anggota, Lingkungan Kerja, Semangat Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh intensif finansial, pertukaran pemimpin-anggota dan lingkungan kerja dalam meningkatkan semangat kerja karyawan Bank BPR Rokan Hulu. Populasi penelitian ini adalah semua karyawan Bank BPR Rokan Hulu Hulu. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sejumlah 34 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini intensif finansial  (X1), pertukaran pemimpin-anggota (X2), lingkungan kerja (X3) dan variabel terikat semangat kerja (Y). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Uji keandalan instrument meliputi uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 40,628  +  0,715X1 + 1,252X2 + 1,149X3.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 99,4% semangat kerja dipengaruhi oleh finansial, pertukaran pemimpin-anggota dan lingkungan kerja, sedangkan sisanya 0,6 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial maupun simultan insentif finansial, pertukaran pemimpin-anggota dan lingkungan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Sholeh (2016). Pengaruh kualitas layanan dan customer relationship management terhadap keputusan dan kepuasan konsumen menggunakan jasa pt. federal international finance cabang jember. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 4, No. 2. Hal 1-12.

Bitner dan Zeithaml (2013). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam Jilid I. Jakarta:Bina Rupa Aksara

Budiastuti (2012). Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu:Yogyakarta.

Ferri Kurniawan (2013). Pengaruh Customer Relationship Marketing Dan Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Astra Internasional Isuzu Semarang. Jurnal Bisnis Manajemen, Vol.3, No.4. Hal 1-14.

Gaffar (2010). Memahami Prilaku Konsumen. Edisi Revisi. Alih Bahasa:Bayu. Jakarta:PT. Gelora Aksara Pratama.

Ghozali, Imam. 2011. Statistik. Semarang:Universitas Diponegoro

Hardiyanti Lestari Kusuma (2017). Manajemen Pemasaran Global. Jakarta: Prenhalindo

Irawan (2014). Strategi Bisnis Pemasaran. Cetakan ketujuh. Edisi revisi. Bandung : Alfabeta.

Kotler Philip (2011). Prinsip – Prinsip Marketing. Edisi kedelapan. Jakarta:Erlangga

Kotler Philip, dan Amstrong. (2014). Prinsip – Prinsip Marketing. Edisi kesembilan. Jakarta:Erlangga.

Kuncoro (2011). Metode Penelitian untuk Riset Bisnis dan Manajemen. Jakarta:PT. Gelora Aksara Pratama.

Lupiyoadi, Rambat (2011). Prinsip – prinsip marketing. Edisi kedelapan. Jakarta:erlangga. Analisis pengaruh customer relationship marketing dan layanan purna jual terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.1, No.2. Hal 12-21.

Oesman (2010). Riset Pemasaran dan prilaku konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rivai, Veithzal (2016). Pemasaran Buku 2. Jakarta:Salemba Empat

Saladin (2011). Pengolahan dan Prospek Pasar. Jakarta:Penebar Swadaya.

Schiffman dan Kanuk (2009). Prinsip Pemasaran. Jilid dua, edisi ketujuh, terjemahan. Jakarta:Erlangga.

Stanley (2010). Marketing Scales. Penerbit:Andi, Yogyakarta.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta:Mediakom

Tanjung (2013). Metode Penelitian. Jakarta:Penebar Swadaya.

Thamrin dan Tantri (2013). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Jakarta:Alfabeta

Tjiptono, Fandi. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta :Bumi Aksara

. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta :Bumi Aksara

. (2015). Marketing Scales. Penerbit:Andi, Yogyakarta.

Umar, Husein. (2010). Riset Pemasaran dan prilaku konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Wasis. (2010). Populasi dan Sampel dalam Penelitian Kuantitatif. Penerbit:Erlangga

Yazid (2010). Prinsip Pemasaran. Jilid dua, edisi ketujuh, terjemahan. Jakarta:Erlangga.

Zeithaml dan Bitner (2010). Prinsip Pemasaran. Jilid dua, edisi ketujuh, terjemahan. Jakarta:Erlangga.

Published

2022-06-30

How to Cite

Rasyid Alkhaffur. (2022). INTENSIF FINANSIAL, PERTUKARAN PEMIMPIN ANGGOTA DAN LINGKUNGAN KERJA DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA KARYAWAN BANK BPR ROKAN HULU. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 708–726. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i2.1526

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.