INTENSIF FINANSIAL, PERTUKARAN PEMIMPIN ANGGOTA DAN LINGKUNGAN KERJA DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA KARYAWAN BANK BPR ROKAN HULU
DOI:
https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i2.1526Keywords:
Insentif Finansial, Pertukaran Pemimpin-Anggota, Lingkungan Kerja, Semangat KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh intensif finansial, pertukaran pemimpin-anggota dan lingkungan kerja dalam meningkatkan semangat kerja karyawan Bank BPR Rokan Hulu. Populasi penelitian ini adalah semua karyawan Bank BPR Rokan Hulu Hulu. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sejumlah 34 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini intensif finansial (X1), pertukaran pemimpin-anggota (X2), lingkungan kerja (X3) dan variabel terikat semangat kerja (Y). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Uji keandalan instrument meliputi uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 40,628 + 0,715X1 + 1,252X2 + 1,149X3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 99,4% semangat kerja dipengaruhi oleh finansial, pertukaran pemimpin-anggota dan lingkungan kerja, sedangkan sisanya 0,6 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial maupun simultan insentif finansial, pertukaran pemimpin-anggota dan lingkungan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja
Downloads
References
Anwar Sholeh (2016). Pengaruh kualitas layanan dan customer relationship management terhadap keputusan dan kepuasan konsumen menggunakan jasa pt. federal international finance cabang jember. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 4, No. 2. Hal 1-12.
Bitner dan Zeithaml (2013). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam Jilid I. Jakarta:Bina Rupa Aksara
Budiastuti (2012). Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu:Yogyakarta.
Ferri Kurniawan (2013). Pengaruh Customer Relationship Marketing Dan Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Astra Internasional Isuzu Semarang. Jurnal Bisnis Manajemen, Vol.3, No.4. Hal 1-14.
Gaffar (2010). Memahami Prilaku Konsumen. Edisi Revisi. Alih Bahasa:Bayu. Jakarta:PT. Gelora Aksara Pratama.
Ghozali, Imam. 2011. Statistik. Semarang:Universitas Diponegoro
Hardiyanti Lestari Kusuma (2017). Manajemen Pemasaran Global. Jakarta: Prenhalindo
Irawan (2014). Strategi Bisnis Pemasaran. Cetakan ketujuh. Edisi revisi. Bandung : Alfabeta.
Kotler Philip (2011). Prinsip – Prinsip Marketing. Edisi kedelapan. Jakarta:Erlangga
Kotler Philip, dan Amstrong. (2014). Prinsip – Prinsip Marketing. Edisi kesembilan. Jakarta:Erlangga.
Kuncoro (2011). Metode Penelitian untuk Riset Bisnis dan Manajemen. Jakarta:PT. Gelora Aksara Pratama.
Lupiyoadi, Rambat (2011). Prinsip – prinsip marketing. Edisi kedelapan. Jakarta:erlangga. Analisis pengaruh customer relationship marketing dan layanan purna jual terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.1, No.2. Hal 12-21.
Oesman (2010). Riset Pemasaran dan prilaku konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rivai, Veithzal (2016). Pemasaran Buku 2. Jakarta:Salemba Empat
Saladin (2011). Pengolahan dan Prospek Pasar. Jakarta:Penebar Swadaya.
Schiffman dan Kanuk (2009). Prinsip Pemasaran. Jilid dua, edisi ketujuh, terjemahan. Jakarta:Erlangga.
Stanley (2010). Marketing Scales. Penerbit:Andi, Yogyakarta.
Sugiyono (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta:Mediakom
Tanjung (2013). Metode Penelitian. Jakarta:Penebar Swadaya.
Thamrin dan Tantri (2013). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Jakarta:Alfabeta
Tjiptono, Fandi. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta :Bumi Aksara
. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta :Bumi Aksara
. (2015). Marketing Scales. Penerbit:Andi, Yogyakarta.
Umar, Husein. (2010). Riset Pemasaran dan prilaku konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Wasis. (2010). Populasi dan Sampel dalam Penelitian Kuantitatif. Penerbit:Erlangga
Yazid (2010). Prinsip Pemasaran. Jilid dua, edisi ketujuh, terjemahan. Jakarta:Erlangga.
Zeithaml dan Bitner (2010). Prinsip Pemasaran. Jilid dua, edisi ketujuh, terjemahan. Jakarta:Erlangga.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.