Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa

Authors

  • Welven Aida Universitas Pasir Pengaraian
  • Rina Ari Rohmah Universitas Pasir Pengaraian
  • Ryan Prayogi Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/hirarki.v2i1.332

Keywords:

Kemampuan Sosial, UPP, Lingkungan Keluarga

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui lingkungan keluarga siswa IPS,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian, (2) mengetahui
keterampilan sosial mahasiswa program studi IPS Fakultas Keguruan dan Pendidikan Guru
Universitas Pasir Pengaraian, dan (3) mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap
keterampilan sosial mahasiswa IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Pasir Pengaraian. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lingkungan
Keluarga (X) dan Keterampilan Sosial (Y). Metode yang digunakan untuk menganalisis data
penelitian adalah analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah total sampel dari seluruh populasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa lingkungan keluarga mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Sosial
masuk dalam kategori tinggi yang memperoleh skor rata-rata 3,73, sedangkan keterampilan
sosial mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Sosial termasuk dalam kategori sedang
sehingga diperoleh skor rata-rata dari 3.13. Sementara itu, pengaruh lingkungan keluarga
terhadap keterampilan sosial secara signifikan mempengaruhi persentase 28,9%. Oleh karena
itu, lingkungan keluarga dapat digunakan sebagai alat prediksi untuk meningkatkan
keterampilan sosial siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blazevic, Ines. 2016. “Family, Peer and
School Influence on Children's
Social Development”. World
Journal of Education, Vol. 6, No.
2.

Cristiany. 2014. “Konsep Diri, Pola Asuh
Orang Tua Demokratis dan
Kompetensi Sosial Siswa”.
Jurnal Psikologi Indonesia, Vol.
3, No. 1. Hlmn 9-21.

Jati, Ririh Pintoko, dkk. 2018. “Analisis
Keterampilan Sosial Siswa pada
Pembelajaran IPS di SMP N 3
Pardasuka”. Jurnal Studi Sosial,
Vol. 6. No. 1.

Lestiawati, I Made. 2013. “Pengaruh Pola
Asuh Orang Tua terhadap
Kemampuan Sosial Anak Usia
6-7 Tahun”. Jurnal Ilmiah VISI
P2TK PAUDNI, Vol. 8, No.2,
Hlmn. 111-119.

Mariyana, Rita. 2010. Pengelolaan
Lingkungan Belajar. Jakarta:
Kencana.

Mayasari. 2014. “Pengaruh Keterampilan
Sosial dan Efikasi Diri Sosial
terhadap
kesejahteraan
Psikologis”. Jurnal Al-Munzir,
Vol. 7, No. 1.

Napis dan Rahmatulloh. 2019. “Pengaruh
Keterampilan Sosial terhadap
Pemecahan Masalah dalam
Pembelajaran Fisika”. Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan
Kaluni, Vo. 2, hlm. 98.
Petrict, Bojana. 2002. “Students Attitudes
towards Writing
and
Development of Academic
Writing Skills”. Writing Center
Journal, Vol. 22, No.2, p9-27.

Guiqing An. 2019. “Study on the Effects
to Students’ STEM Academic
Achievement with Chinese
Parents’ Participative Styles in
School Education”. Educational
Sciences: Theory & Practice,
eISSN: 2148-7561, ISSN: 26305984,
p41-54.




Rachman,

Huriah.2018. Berfikir sosial
&keterampilan
sosial. Bandung:
Alfabeta.

Seftannency.
2015.
“Pengaruh
Lingkungan Keluarga terhadap
Hasil Belajar Siswa pada
Pelajaran Ekonomi di SMAK
Abdi Wacana”.
Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran
Khatulistiwa, Vol. 4, No. 9.

Shochib, M. 2000. Pola Asuh Orang Tua
dalam Membantu Anak
Mengembangkan Disiplin Diri.
Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsono, T. J. 2009.. “Hubungan Pola
Asuh Orang Tua terhadap Kemampuan
Sosialisasi pada Anak Prasekolah
di TK Pertiwi Purwekerto
Utara”. Jurnal Keperawatan
Soederman, 4 (3), 112-116.

Downloads

Published

2020-04-04

How to Cite

Aida, W. ., Ari Rohmah, R., & Prayogi, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.30606/hirarki.v2i1.332