PENGARUH KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI SERTA KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DINAS TANAMAN PANGAN HORTIKULTURA DAN PERKEBUNAN PROVINSI RIAU

Authors

  • Ditta Amelia Universitas Riau
  • B. Isyandi Universitas Riau
  • Raden Lestari Garnasih Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.30606/hirarki.v2i3.582

Keywords:

Kompetensi, lingkungan kerja, motivasi, kirnerja

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh kompetensi dan lingkungan kerja terhadap motivasi dan kinerja karyawan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi instansi terkait dan bidang keilmuan lainnya. Sampel penelitian ini adalah 170 pegawai yang merupakan PNS. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yang dikombinasikan dengan stratisfied sampling sehingga setiap kelas karyawan mendapatkan kesempatan yang sama untuk dijadikan objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, kompetensi, dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja. Kompetensi dan lingkungan kerja tidak secara tidak langsung mempengaruhi kinerja melalui motivasi. Lebih lanjut ditemukan bahwa motivasi tidak dapat memediasi kompetensi dan lingkungan kerja terhadap kinerja. Pejabat hendaknya meningkatkan apresiasi terhadap prestasi karyawan, meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan dan pelatihan, meningkatkan kolaborasi antara karyawan dan pimpinan, meningkatkan ketepatan waktu, dan membangun hubungan yang erat antara pimpinan dan karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Willy dan Jogiyanto. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Ed.1. Yogyakarta: ANDI
Abdul Raziq, Raheela Maulabakhsh. 2015. Impact of Working Environment on Job Satisfaction. Balochistan University of Information Technology. Pakistan.
Agusta, Leonando dan Eddy Madiono Sutanto. 2013. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan (studi kasus pada cv. Haragon Surabaya). Universitas Kristen Petra. Surabaya.
Akdon, dan Riduwan, Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika, Bandung: Alfabeta, 2013
Anak Agung Ngurah Bagus Dhermawan. 2012. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan Vol. 6, 173 No. 2 Agustus 2012.
B. Isyandi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Global. Pekanbaru : UNRI Press.
Dwi Agung Nugroho Arianto. 2013. Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia, Volume 9, Nomor 2, Oktober 2013.

Florence Muindi dan Professor Peter K’Obonyo . 2015. Quality of Work Life, Personality, Job Satisfaction, Competence, and Job Performance : A Critical Review of Literature. School of Business, University of Nairobi, Kenya.
Faustyna. 2002. Pengaruh Kompetensi dan Komitmen pada tugas terhadap kinerja karyawan pada Hotel Dharma Deli Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.
Hutajulu, Togu Charles Edison. 2012. Pengaruh Kompetensi, Komitmen, dan Perubahan Organisasi Terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Daerah kabupaten Tapanuli Tengah. Universitas Terbuka. Jakarta.
Leblebici, Demet. 2012. Impact of Workplace Quality on Employees Productivity : Case Study of a Bank in Turkey. ournal of bussiness, Economics & Finance ISSN: 2146-7943.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

M Anang Firmansyah. 2018. Pengaruh Faktor-Faktor Lingkungan Kerja Internal Dan Pekerjaan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Pt. Warnatama Cemerlang Gresik. Balance Vol. XV No. 2 Juli 2018.

Mathis L. Robert dan John H. Jackson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia.
Alih Bahasa. Jakarta : Salemba Empat. Edisi 10.

Meutia, Ika Sari dan Tubagus Ismail. 2014. Pengaruh Kompensasi Dan Kompentesi Dengan Motivasi Sebagai Intervening Dalam Meningkatkan Kinerja. Jurnal Manajemen Volume XX, No. 03, Oktober 2016: 353-369.

Nitisemito, Alex S. 2010. Manajemen personalia Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ketiga. Jakarta : Ghalia Indonesia
Nugroho, Agung. 2012. Pengaruh Motivasi, Lingkungan kerja, Kompetensi dan Kompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai dilingkungan kantor Dinas pekerjaan Umum Prov. Bali. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Bali.
Parveen, Sajida, dkk. 2012. Impact of Office Facilities and Workplace Milieu on Employee’s Performance : A Case Study of Sarghoda University. Asian Journal of Empirical Research, 2(4): 96-117. Pakistan.
Pendow, Jessica dan Peggy A Mekel. 2015. Pengaruh Perekrutan, Motivasi, dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN (persero) Wilayah Suluttenggo. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Prabowo, Ady Satya. 2012. Pengaruh kemampuan dan motivasi terhadap kinerja karyawan Akuntansi pada kantor konsultan pajak. STIE Widya Manggala. Semarang.
Putra, Chairuddin Surya, Harlen dan Machasin. 2014. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Dumai. Jurnal Ekonomi Volume 22, Nomor 3 September 2014.
Purwantoro, P., & Afrizal, A. (2019, August). Evaluation of items on instruments of consumer attitudes, word of mouth, and decisions of private universities. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1255, No. 1, p. 012092). IOP Publishing.
Rahim. Abdul. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompetensi Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. J-MAS Vol.2 No.2, Oktober 2017.
Safwan , dkk. 2014. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie Jaya. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.
Sanjaya, I Kadek Edy dan Ayu Desi Indrawati. Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pande Agung Sedara Dewata. Universitas Udayana (UNUD). Bali.
Setiawan, Budi. 2014. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Privinsi Kalimantan Barat. Vol 1, No 1 Jurnal Manajemen dan Bisnis Universitas. Tanjungpura.
Shimko, Yulniwarti. 2012. Pengaruh gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada kantor pemerintahan kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Institut Bisnis dan Multimedia asmi.
Shahzadi, Irum, dkk. Impact of Employee Motivation on Employee Performance. The Islamia University of Bahawalpur. Pakistan.
Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Birokrasi, dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Umam, Khaerul. 2010. Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.
Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Wirawan. 2011. Budaya dan iklim organisasi: teori aplikasi dan penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Ditta Amelia, B. Isyandi, & Raden Lestari Garnasih. (2020). PENGARUH KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI SERTA KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DINAS TANAMAN PANGAN HORTIKULTURA DAN PERKEBUNAN PROVINSI RIAU. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 1–16. https://doi.org/10.30606/hirarki.v2i3.582

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.