ANALISIS FAKTOR IMPULSE BUYING KONSUMEN ALFAMART KOTA TENGAH

FACTOR ANALYSIS OF CONSUMER IMPULSE BUYING ALFAMART CENTRAL CITY

Authors

  • Nurhidayah Universitas Pasir Pengaraian
  • Makmur Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1477

Keywords:

Produk Display, Diskon Harga, Paket Bonus, Pembelian Impulsif Suasana Toko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh display product, price discount, bonus pack dan store atmosphere terhadap impulse buying konsumen Alfamart  Kota Tengah baik secara parsial maupun simultan. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling aksidental dengan responden sejumlah 100 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini display product (X1), price discount (X2), bonus pack (X3), store atmosphere (X4) dan variabel terikat impulse buying (Y). Metode pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan terdiri dari observasi, kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 3.567 + 0.005 + 0.917 + 0.420 + 1.005. Kesimpulan dari penelitian ini secara parsial hanya variabel price discount, bonus pack dan store atmosphere yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap impulse buying, sedangkan secara simultan variabel display product, price discount,  bonus pack dan store atmosphere berpengaruh secara bersama-sama terhadap impulse buying.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, Sofjan. (2012). Dasar-dasar Manajemen Keuangan .Buku 1. Jakarta: Prenada Media group.

Bayley et al. (2011). Manajemen pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Belch (2012). Strategi Pemasaran. Jakarta:Salemba Empat.

Berman dan Evans (2011). Marketing managemen and strategy. London: Prentice Hall.

Cummins (2011). Manajemen pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Damayanti (2013). Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat: Jakarta.

Devi (2016). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Bandung: Alfabeta.

Engel et al. (2013). Pemasaran. Edisi Pertama, Yogyakarta, BPFE.

Fitri (2016). Manajemen Penjualan. Edisi 3, Yogyakarta, BPFE.

Gasiorowska (2011). Ilmu Menjual Pendekatan teoritis dan Kecakapan Menjual. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. (2012). Statistik. Semarang:Universitas Diponegoro.

Harper (2012). Menilai Peran Pemasaran dalam Perencanaan Strategis. Jkarta: Erlangga.

Japarianto (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta:Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa. Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Levy dan Weitz (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung :Rafika Aditama.

Ma`aruf. (2015). Strategi Pemasaran. Jakarta:Salemba Empat.

Murray dan Dholakia (2012). Manajemen Pemasaran. Bandung :Rafika Aditama.

Mowen dan Minor (2011). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi pertama. Cetakan keempat. Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta :Bumi Aksara.

Putri (2011). Intisari Manajemen Pemasaran. Cetakan kedua. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Saladin, Djaslim (2013). Intisari Manajemen Pemasaran. Cetakan kedua. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Shimp (2014). Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty.

Schiffman & Kanuk (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Aldabeta.

Shult (2014). Manajemen Pemasaran Modern. Erlangga.

Siregar, Salma. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Penerbit Kencana.

Sumarwan (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Aldabeta.

Sutisna (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisis kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono (2011). Statiska Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Sopiah (2015). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisis kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Swasta, Basu dan Irawan (2013). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Syihabudhin (2012). Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat: Jakarta.

Tjiptono, Fandy. (2016). Pemasaran Strategik. Yogyakarta,. ANDI.

Utami (2012). Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Jakarta:Salemba Empat.

Wasis. (2011). Metodelogi Penelitian Bisnis. Jakarta :Rinek Cipta.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Nurhidayah, & Makmur. (2022). ANALISIS FAKTOR IMPULSE BUYING KONSUMEN ALFAMART KOTA TENGAH: FACTOR ANALYSIS OF CONSUMER IMPULSE BUYING ALFAMART CENTRAL CITY. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 579–598. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1477

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.