PENGARUH VIRAL MARKETING DAN ADVERTISING EFFECTIVENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE (STUDI PADA PRODUK MS GLOW DI PASIR PENGARAIAN)

Authors

  • Umil Khoiriyah Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i2.1529

Keywords:

viral marketing, advertising effectiveness dan keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing dan advertising effectiveness terhadap keputusan pembelian produk skincare MS GLOW di Pasir Pengaraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen MS GLOW di toko Fsstoreid. Sampel penelitian menggunakan teknik snowball sampling dengan jumlah sebanyak 100 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini viral marketing (X1), advertising effectiveness (X2) dan variabel terikat keputusan pembelian (Y). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 6.410 + 0.384X1 + 0.417X2 + e. Secara parsial, diperoleh t-hitung viral marketing 1.983 dan advertising effectiveness 2.015.  Secara simultan, diperoleh F-hitung 121.705 menunjukkan viral marketing dan advertising effectiveness secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70,9% keputusan pembelian dipengaruhi oleh viral marketing dan advertising effectiveness, sedangkan sisanya 29,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini. Baik pada pengujian secara parsial (uji t) maupun pada pengujian secara simultan (uji F) seluruh variabel bebas yang terdiri dari viral marketing dan advertising effectiveness berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Baack (2018). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Bampo (2018). On Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Darayani dan Saryadi (2018). Pengaruh brand awareness, brand association dan advertising effectiveness terhadap keputusan pembelian produk smartphone samsung (studi kasus mahasiswa S1 Universitas Diponegoro). Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol, 2. No.1. Halaman 21-34.

Datta dkk (2017). Services Marketing: Concepts, Strategies, & Cases. USA: Thomson.

Durianto et.al (2018). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Cetakan XX, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Dwi dkk (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, diskon, dan keputusan pembelian online Maharani Prima Skin Care Di Blitar. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol, 1. No, 5. Halaman 37-45.

Dwitari dan Kusdibiyo (2019). Mengukur Sikap dan Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Skin Care dengan Menggunakan Brand image Merek Lokal. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol, 3. No, 1. Halaman 25-33.

Ferdinand (2018). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Buku 1. Edisi 9. Salemba Empat. Jakarta.

Ghazali. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta :Erlangga.

Hermawan (2017). Viral Marketing dalam Seminggu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Indriantoro (2018). Research Method for Business. Jakarta. Salemba Empat.

Irawan dan Farid (2018). Bauran Pemasaran :Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta. Gramedia.

Kinnear, Thomas C. & Taylor (2017). Marketing Research. Erlangga,. Jakarta.

Kotler, Philip (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip dan and Gary Armstrong. (2017). Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Edisi 13. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller (2017). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi. Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Laskey et al (2016). Internet Marketing. England: Pearson Education.

Monle & Jhonson (2017). Marketing Reasearch: anapplied orientation. New Jearsey : USA. Pearson education,inc.

Morissan, (2018). Consumer Behaviour. Jakarta: PT. Indeks.

Muliajaya dkk (2019). Pengaruh viral marketing dan harga terhadap keputusan pembelian melalui media sosial instagram pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol, 1. No, 5. Halaman 37-45.

Mursid (2018). Promosi Pemasaran. Jakarta :Bina Aksara

Natasya (2018). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Novertiza dan Khasanah (2016). Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Yrama Widya. Bandung.

Nugroho, Setiadi. (2018). Perilaku Konsumen. Jakarta:Erlangga.

Porter dan Golan (2017). Internet Marketing. England: Pearson Education

Purnama (2016). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Richardson (2017). E-Business and E-Comerce Management Strategy, Implementation and Practice. Temahan, erNew Jersey: Prentice Hall.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2017). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integreted :Marketing Communication. Jakarta :Erlangga.

Sekaran, Uma. (2018). Research Method for Business. Jakarta. Salemba Empat.

Shimp (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta :Bumi Aksara.

SISWANTY, Y. E. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Sariayu Martha Tilaar (STUDI PADA KONSUMEN WANITA SARIAYU MARTHA TILAAR YANG BERADA DI KOTA SEMARANG). JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS. VOL,9. NO, 3. HALAMAN 21-35.

Skrob J.R (2018). Open Source and Viral Marketing. Vienna, 1(1), 2-30.

Subroto (2018). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sutherland dan Sylvester (2017). Consumer Behaviour. Jakarta: PT. Indeks.

Swastha, Basu & Irawan Handoko T. Hani. (2018). Manajemen Pemasaran. Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Sweeney J. C dan Soutar G.N (2018). Research Methods For Business Edisi 4, jilid 1& 2. Jakarta: SalembaEmpat.

Syahidah (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Digital Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol, 2. No.1. Halaman 21-34.

TALAPOD (2020). CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE DAN KOSMETIK THE BODY SHOP MANADO TOWN SQUARE. JURNAL EMBA VOL. 1 ; 86-94.

Tanoni, Hermawan (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta:Erlangga.

Tjiptono, Fandy. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta :Bumi Aksara.

Trianto (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta. Bandung.

Wilson (2017). Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktek). Depok:Salemba Empat, 2001

Zuraidah dan Peristia (2020). Pengaruh celebrity endorsement dan viral marketing terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO di kalangan pelajar SMA Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Universitas Widyatama. Bandung.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Umil Khoiriyah. (2022). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN ADVERTISING EFFECTIVENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE (STUDI PADA PRODUK MS GLOW DI PASIR PENGARAIAN). Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 763–781. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i2.1529

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.