PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR TRAIL DI CV. GREENTECH KAWASAKI CABANG BANGUN JAYA
INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA MARKETING AND CONSUMER ATTITUDE TO PURCHASE DECISIONS FOR TRAIL MOTORCYCLES IN CV. GREENTECH KAWASAKI BRANCH BANGUN JAYA.
DOI:
https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i2.1518Keywords:
Social Media Marketing, Sikap Konsumen Dan Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor trail di CV. Greentech Kawasaki Cabang Bangun Jaya. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling aksidental, dengan jumlah responden sebanyak 86 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini social media marketing (X1), dan sikap konsumen (X2), variabel terikat (Y) keputusan pembelian. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS dan diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 16.257 + 0.202 X1 + 0.619 X2 + e. Dari hasil uji secara parsial diperoleh nilai thitung social media marketing sebesar 1.839 dan thitung sikap konsumen sebesar 4.162. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian secara parsial social media marketing dan sikap konsumen mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara simultan social media marketing dan sikap konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian, besarnya pengaruh yang ditunjukkan yaitu 20.8% sedangkan sisanya adalah 79.2% keputusan pembelian dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model.
Downloads
References
Arif., M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. SiNTESa Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 111–122.
Damiati, Masdarini, L., Suriani, M., Adnyawati, N. D. M. S., Marsiti, C. I. R., Widiartini, K., & Angendari, M. D. (2017). Perilaku Konsumen (Vol. 5).
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. CV. PENERBIT QIARA MEDIA:Jawa Timur.
Halim, F., Sherly, & Sudirman, A. (2020). Marketing dan Sosial Media. CV. Media Sains Indonesia:Bandung-Jawa Barat.
Husnah, A., & Budi Suryana. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik.
Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, ita M., Hasan, M., Utomo, K. P., Bairizki, A., Lestari, A. S., Rahayu, D. W. S., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbih, I., Elvera, & Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. Widina:Bandung.
Jafrizal, J. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 329–340. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.396
Julianti, & Aini, Y. (2019). Pengaruh Online Costumer Review Dan Online Costumer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online Marketplace (Studi Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian). Cano Ekonomos, 8(1), 0–8.
Keren, K., & Sulistiono, S. (2019). Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 319–324. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i3.284
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25. https://doi.org/10.14710/jab.v7i1.22571
Mileva, L., & DH, A. F. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 190–199. http://repository.ub.ac.id/162980/
Muhammad, A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Agya Pt. Agung Automall Cabang Ujung Batu. Manajemen.
Nabila, D., Elvaretta, O., Zahira, G., Syarief, M. A. D. Y., Saputra, M. R. W., Mulyani, U., Anggraini, W. A., Aryandanu, A. R., Firdaus, D., & S, F. P. (2020). Peradaban Media Sosial.pdf. Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang:Malang.
Nurmalasari, L. (2021). Pengaruh Social Media Marketing dan Keterlibatan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada UMKM Bidang Kuliner). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(3), 288–300. https://doi.org/10.31846/jae.v9i3.405
Pertiwi, B. A. S., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Lokal Kerjodalu. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1376–1383. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40332
Professional, T., & Arul, K. (2017). Social Media Marketing. 2007891(47).
Rumondoe, P. E., Tumbel, A. L., & Roring, F. (2019). Analisis Pengaruh Word of Mouth, Iklan Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Yamaha Mio Pada Kalangan Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(2), 2571–2580. https://doi.org/10.35794/emba.v7i2.23604
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta:Andi.
Sari, E., & Aini, Y. (2018). Pengaruh Penerapan Marketing Syariah Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Mandiri Syariah Ujung Batu. Jurnal Ilmiah Cano Economos, 7(1), 6–19. https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/712
Simarmata, H. M. P., Revida, E., Kato, I., Sari, H., Simatupang, S., Sudarso, A., Faisal, M., Tjiptadi, D. D., Sisca, Anggusti, M., & Muliatie, urilla E. (2021). Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas - - Google Books. In Yayasan kita menulis. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=mrc0EAAAQBAJ&pg=PA113&dq=definisi+loyalitas&hl=ban&sa=X&ved=2ahUKEwjBm8X0o5fzAhU36XMBHZ8HAscQ6AF6BAgFEAI#v=onepage&q=definisi loyalitas&f=false
Siyanto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1. In Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Sugiyono - 2015.pdf (p. 346). Alfabeta:Bandung.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.
Zulfikar, A. R., & Mikhriani. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Trust Pada Follower Instagram Dosen Pengampu : 2020. Al-Idarah:Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 20(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.