PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL MEREK AQUA (STUDI PADA MASYARAKAT DESA RAMBAH TENGAH UTARA KABUPATEN ROKAN HULU)

DOI:

https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i3.1552

Authors

  • Sulastri Sulastri a:1:{s:5:"en_US";s:28:"Universitas Pasir Pengaraian";}

Keywords:

green product
green advertising
keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: green product dan green advertising secara simultan terhadap keputusan pembelian air mineral merek aqua. Populasi penelitian ini adalah semua masyarakat Desa Rambah Tengah Utara Kabupaten Rokan Hulu. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling aksidental dengan responden sejumlah 100 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini green product (X1), green advertisingk (X2) dan variabel terikat keputusan pembelian (Y). Metode pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan terdiri dari observasi, kuesioner dan wawancara. Uji keandalan instrument meliputi uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 2,686 + 0,677 + 0,400. Secara parsial, diperoleh t-hitung green product 14,473 dan green advertising 5,418.  Secara simultan, diperoleh F-hitung 1675,987. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 97,2% keputusan pembelian dipengaruhi oleh green product dan green advertising, sedangkan sisanya 2,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial maupaun secara simultan green product dan green advertising memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Read More

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Sulastri, S. (2022). PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL MEREK AQUA (STUDI PADA MASYARAKAT DESA RAMBAH TENGAH UTARA KABUPATEN ROKAN HULU). Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 782–798. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i3.1552

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.