Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: green product dan green advertising secara simultan terhadap keputusan pembelian air mineral merek aqua. Populasi penelitian ini adalah semua masyarakat Desa Rambah Tengah Utara Kabupaten Rokan Hulu. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling aksidental dengan responden sejumlah 100 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini green product (X1), green advertisingk (X2) dan variabel terikat keputusan pembelian (Y). Metode pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan terdiri dari observasi, kuesioner dan wawancara. Uji keandalan instrument meliputi uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 2,686 + 0,677 + 0,400. Secara parsial, diperoleh t-hitung green product 14,473 dan green advertising 5,418.  Secara simultan, diperoleh F-hitung 1675,987. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 97,2% keputusan pembelian dipengaruhi oleh green product dan green advertising, sedangkan sisanya 2,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial maupaun secara simultan green product dan green advertising memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords

green product, green advertising, keputusan pembelian

Article Details

How to Cite
Sulastri, S. (2022). PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL MEREK AQUA (STUDI PADA MASYARAKAT DESA RAMBAH TENGAH UTARA KABUPATEN ROKAN HULU). Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 782–798. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i3.1552

References

  1. Barbuto & Wheeler (2010). Manajemen Sumber Daya Alamendah (2014). Green Marketing. Jakarta: Penerbit. Erlangga.
  2. Albino dkk (2014). Green Marketing. Jakarta: Penerbit. Erlangga.
  3. Alniacik & Yilmaz (2012). Green Marketing. Jakarta: Binarupa Aksara.
  4. Anisa, Triyanti & Yuliati (2017). Promosi Pemasaran. Jakarta :Bina Aksara.
  5. Banerjee et al., (2014). Manajemen Pemasaran: Teori & Implementasi. Yogyakarta: Andi.
  6. D’Souza et al., (2016). Implementasi Strategi Pemasaran Hijau. Jakarta :Gramedia.
  7. Ferdinand, Agusti. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta :Bumi Aksara.
  8. Ghozali, Imam (2012). Aplikasi Analisis Multivariat Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  9. Grant (2017). Green Marketing. Jakarta: Penerbit. Erlangga.
  10. Gunarso & Andriani (2017). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. Edisi Pertama. Bandung :Alfabeta.
  11. Gustyanita (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta :Binarupa Aksara.
  12. Haryadi (2014). Pengantar Pemasaran Hijau. Yogyakarta: Media Pressindo.
  13. James (2013). Implementasi Strategi Pemasaran Hijau. Jakarta :Gramedia.
  14. Junaedi (2015). Pengantar Pemasaran Hijau. Yogyakarta: Media Pressindo.
  15. Karna et. al (2012). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Modern Liberty
  16. Kasali (2015). Pemasaran Hijau. Jakarta: Penerbit. Erlangga.
  17. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (2016)
  18. Kinnear, Thomas C. & Taylor (2012). Marketing Research. Erlangga,. Jakarta.
  19. Kotler, Philip dan Keller (2014). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi. Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
  20. Lanasier (2012). Pengantar Pemasaran Hijau. Yogyakarta: Media Pressindo.
  21. Lestari (2015). Pengaruh Green Product, Green Brand, Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Membeli Air Minum Kemasan Botol Merek Aqua Di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol, 1. No, 5. Halaman 37-45.
  22. Mursid (2014). Promosi Pemasaran. Jakarta :Bina Aksara.
  23. Muqorribin dkk (2017). Pengaruh Green Product Dan Green Advertising Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua (Studi pada Mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan Konsumen Air Minum Dalam Kemasan Merek AQUA). Jurnal Humaniora, 5 (1), 62-70.
  24. Novertiza dan Khasanah (2016). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabetha.
  25. Nugrahadi (2012). Pemasaran Hijau. Jakarta: Penerbit. Erlangga.
  26. Nugroho, Setiadi. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta:Erlangga.
  27. Praharjo (2013). Pemasaran Dasar-Dasar : Pendekatan Manajerial Global. Bandung :Alfabeta.
  28. Setiadi (2013). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.
  29. Silvia, et al. (2014). Manajemen Pemasaran. Bandung :Alfabeta.
  30. Siregar (2011). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta:Erlangga.
  31. Situmorang (2014). Pengantar Pemasaran Hijau. Yogyakarta: Media Pressindo.
  32. Sudjana (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi. Revisi VII. Jakarta: Erlangga.
  33. Sugiyono (2014). Statiska Untuk Penelitian. Bandung :Alfabeta.
  34. Swastha, Basu & Handoko T. Hani. (2015). Manajemen Pemasaran. Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.
  35. Sweeney and Soutar (2013). Consumer perceived value: the development of a multiple item scale. Terjemahan. Jakarta :Gramedia.
  36. Tiwari (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta :Erlangga.
  37. Wasis (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta :EGC
  38. Wibowo (2015). Pengaruh Green Product, Green Brand, Dan Green Advertising Terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol, 3. No, 1. Halaman 25-33.
  39. Wijayanto (2013). Prinsip Pemasaran. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Penerbit. Erlangga.
  40. Zinkhan & Carlson (2015). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integreted :Marketing Communication. Jakarta :Erlangga.