Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Model-Model Pembelajaran Kooperatif Pada Perkuliahan Persamaan Diferensial Elementer
DOI:
https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.5Keywords:
Lembar Kerja Mahasiswa, Kooperatif, Persamaan Diferensial ElementerAbstract
Persamaan Diferensial Elementer (PDE) merupakan salah satu mata kuliah wajib pada program studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Dalam rangka mewujudkan pembelajaran students centered untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dari perkuliahan PDE, diperlukan suatu bahan ajar yang memberikan pengalaman belajar bermakna kepada mahasiswa dalam memahami konsep dan memecahkan masalah. Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) merupakan suatu bahan ajar yang dapat diterapkan pada perkuliahan PDE. Pengembangan LKM berbasis model-model pembelajaran kooperatif ini merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan dosen untuk mengajak mahasiswa aktif dalam memahami konsep dan memecahkan masalah dengan kegiatan-kegiatan yang telah dirancang didalamnya. Selain itu, dengan penerapan model-model pembelajaran yang berbeda setiap pertemuannya membangun suasana pembelajaran yang tidak monoton dan ini berdampak pada motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. LKM dikembangkan dengan tahapan (1) Analisis silabus, Rencana Program Semester (RPS), buku sumber serta model pembelajaran kooperatif; (2) merancang LKM; (3) validasi LKM; (4) seminar; (5) implementasi; dan (6) evaluasi dan finalisasi LKM. Berdasarkan hasil penyebaran angket praktikalitas kepada mahasiswa yang terlibat dalam tahap implementasi, diperoleh nilai praktikalitas sebesar 89,42% artinya LKM yang dirancang termasuk kategori sangat praktis.