PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN I-SPRING MATERI SISTEM GERAK TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 RAMBAH

Authors

  • Ratna Melisa Rani Universitas Pasir Pengaraian
  • Rena Lestari Universitas Pasir Pengaraian
  • Jismi Mubarrak Universitas Pasir Pengaraian
  • Dahlia Dahlia Universitas Pasir Pengaraian
  • Eti Meirina Brahmana Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v12i2.2380

Keywords:

I-Spring,, Sistem Gerakan Tanaman,, Media Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi media pembelajaran I-Spring untuk sistem pergerakan tanaman bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Rambah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Desember 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 guru dan 35 siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Rambah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan I-Spring untuk siswa kelas VIII pada sistem gerak tumbuhan secara keseluruhan dinyatakan "sangat layak" dengan persentase rata-rata 91,5%. Berdasarkan validasi ahli materi dengan persentase perolehan rata-rata 86,5%, validasi ahli media dengan persentase perolehan rata-rata 96,6%, validasi ahli teknologi dengan persentase akuisisi rata-rata 89,1%, uji coba guru dengan persentase akuisisi rata-rata 100%, uji coba individu perolehan rata-rata 87,8%, uji coba kelompok kecil perolehan rata-rata 87,3%, dan uji coba lapangan perolehan rata-rata 93,8%. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan I-Spring sangat cocok digunakan oleh pendidik dan siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriani., Abudarin., Karelius. 2019. Pengaruh Pemberian Tuntutan Penyelesaian Latihan Soal Dalam Pembelajaran Langsung Terhadap Pemahaman Konsep Mol Pada Siswa Kelas X MIPA MAN Pangkalan Raya Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang. 10(2): 250-263.

Meirani., Rossa, A. 2021. Analisis Penggunan Jenis-Jenis Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Economic Edu. 1(2): 99-109.

Mulyatiningsih, E. 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Munawwaroh, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Ispring Pro 6.0.0 Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MI Sultan Agung. Tesis. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta.

Rahmayanti. 2015. Penggunaan Media IT Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Circuit. 1(1): 85-97.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rihani, A. L., Arifin, M., dan Nina, N. 2022. Studi Literatur Media Interaktif I-Spring Suite Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 7(2): 123-131.

Rinaldi, B. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif (I-Spring Suite 9) Berbasis Aplikasi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Way Jepara. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Rusman., Deni, K., dan Cepi, R. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Depok: Rajagrafindo Persada

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Rani, R. M. ., Lestari, R., Mubarrak, J. ., Dahlia, D., & Brahmana, E. M. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN I-SPRING MATERI SISTEM GERAK TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 RAMBAH. Jurnal Edu Research, 12(2), 1–4. https://doi.org/10.30606/jer.v12i2.2380

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.