Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 009 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau

  • RIMHASNI RIMHASNI SD Negeri 009 Rokan IV Koto
Keywords: Membaca Permulaan,, Media kartu kata.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 009 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau dengan subjek penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SD Negeri 009 Rokan IV Koto tahun pelajaran 2019/2020. Pada tindakan ini keterampilan membaca siswa dengan lafal, intonasi dan membaca memahami meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu dengan rata-rata kelas 70 dan ketuntasan kelas 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Rohani. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad RofiÔÇčuddin, dan Darmiyati Zuhdi. (1998). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Atwi Suparman. M. (2001). Desain instruksional. Jakarta: Proyek Pengembangan Universitas Terbuka, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Arief S. Sadiman. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta : RajaGrafindo Persada.
Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.
Dwi Sunar Prasetyono. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think Yogyakarta.
Djauzak Ahmad, dkk. (1996). Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Farida Rahim. (2007). Dasar Pengajaran membaca di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Henry Guntur Tarigan. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Group.
Hairudin. dkk. (2007). Pembelajaran Bahasa Indonesia Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.
Mulyono Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan. Jakarta: Rineka Cipta.
M. Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuriadi. (2008). Teknik Jitu Menjadi Pembaca Teramp il. Yogya karta: Pu staka Pelajar.
Parjono. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Lembaga Penelitian UNY. Karangmalang Yogyakarta.
St. Y Slamet. (2007). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.
Subana. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Saleh Abbas. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.
Suharsimi Arikunto, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Uemar Hamalik. (1994). Media Pendidikan, cetakan ke-7. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.
Winihasih. (2005). D iagnosis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa SD/MI Melalui Analisis Reading Readiness. Jurnal Sekolah Dasar.
Yusfhadi, Miarso. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Cetakan Ketiga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2020-12-30