PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI POKOK HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTs
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v12i1.2912Keywords:
Pembelajaran Matematika,, Contextual Teaching and Learning (CTL),, Himpunan, Perangkat Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok himpunan untuk SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 3-D yang meliputi tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Rambah tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi dan lembar angket praktikalitas. Berdasarkan uji validitas RPP dengan pendekatan CTL yang telah divalidasi oleh 4 orang validator maka diperoleh persentase rata-rata hasil validasi RPP dengan pendekatan CTL adalah 86,48% dengan kategori sangat valid. Uji validitas LKS yang telah divalidasi oleh 3 orang validator maka diperoleh persentase rata-rata hasil validasi LKS adalah 85,53% dengan kategori sangat valid. Sedangkan berdasarkan uji praktikalitas RPP dengan menggunakan angket respon guru diperoleh persentase praktikalitas 90,28% dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas LKS dengan menggunakan angket respon siswa diperoleh persentase praktikalitas 85,10% dengan kategori sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan CTL sudah sangat valid dan sangat praktis.
Downloads
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning disertai Pendekatan. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 293–302. http://ejournal.uin- suska.ac.id/index.php/juring/article/view/10558
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Butar-butar, M., Murni, A., & Roza, Y. (2020). Praktikalitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 480–486. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.265
Dasna, I. W., Laksana, D. N. L., & Sudatha, I. G. W. (2015). Desain Dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Universitas Terbuka.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Zitteliana (Vol. 19, Issue 8).
Istarani, & Ridwan, M. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Media Persada.
Juariyah, S., Deswita, H., & Arcat. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa matematika berbasis masalah untuk kelas VIII SMP Materi Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi Matematika UPP, 2(1), 1–8.
Munawarah. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 168–186. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a2
Nur’afia. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Materi Operasi Aljabar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Barru. 2507(February), 1–9.
Shofiah, S., Lukito, A., & Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Topik Trigonometri. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 54–62.
Silvia, M., Effendi, L. A., & Wahyuni, A. (2019). Contextual Teaching and Learning pada Materi Bilangan Bulat: Sebuah Pengembangan Perangkat Pembelajaran. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 7(2), 90–97. https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2655
Supardin, S. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di SMP Negeri 3 Patilanggio Satap Kabupaten Pohuwato. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, XXVII(April), 854–862. https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/205