PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL SISWA KELAS IX.4 SMP NEGERI 1 UJUNGBATU
Keywords:
Prestasi Belajar, Problem Based LearningAbstract
Penelitian tindakan kelas ini berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif Problem Based Learning ( PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi Perdagangan Internasional Semester Genap siswa Kelas IX.4 SMP Negeri 1 Ujungbatu tahun pelajaran 2018/2019.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi Perdagangan Internasional Semester Genap di kelas IX.4 SMP Negeri I Ujungbatu tahun pelajaran 2018/2019.” Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi Perdagangan Internasional kelas IX.4 SMP negeri 1 Ujungbatu. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis tindakan adalah hasil ulangan harian Pra siklus dan hasil ulangan dari dua siklus yang dilakukan. Dari siklus 1 dan siklus II hasil pra siklus terlihat terjadi peningkatan dari 67,00 menjadi 77,83. Demikian juga hasil ulangan pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari 77,83 menjadi 85,83 maka secara umum penerapan model pembelajaran kooperatif Problem Based Learning (PBL) pada materi Perdagangan Internasional dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX.4 di SMP Negeri 1 Ujungbatu tahun pelajaran 2018/2019
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Saiful Rachman, Yoto, Syarif Suhartadi, Suparti. 2006. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surabaya: SIC Bekerjasama Dengan Dinas P dan K Provinsi Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, BUKU GURU Ilmu Pengetahuan Sosial,Edisi Revisi 2016 .Jakarta.
Mulyasa, E.. 2005. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sumadi. 2002. Prestasi dalam Belajar. Pustaka Widyamara : Jakarta.