Penerapan Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.30606/absis.v2i2.328Keywords:
Concrete-Pictorial-Abstract, kemampuan pemahaman konsep matematis, matematikaAbstract
Salah satu masalah yang dihadapi siswa yaitu rendahnya pemahaman konsep matematis siswa. Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract merupakan pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan untuk melatih kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis yang menggunakan pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract lebih baik daripada pendekatan Saintifik pada mata pelajaran Matematika kelas V SD di SDN Simpang Tiga. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan bentuk design Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Simpang Tiga yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada penelitian ini ialah sampling purposive yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen dan VA sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah soal uraian kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data menggunakan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa > sehingga ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan pemahaman konsep matematis yang menggunakan pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract lebih baik daripada pendekatan Saintifik pada mata pelajaran Matematika kelas V di SDN Simpang Tiga.
Downloads
References
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Pendagogik . VI(01): 72-89.
Anitah, S. (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azmi, M. P. (2017). Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract.Abstract (CRA) Berbasis Intuisi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro . 6(1): 68-80.
Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ikram, Z. J. W, Nasir, R., & Fadliyah, R. (2017). Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa.
Karso, d. (2011). Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Lestari, & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Munawaroh, A. R., & Priatna, D. (2017). Pengaruh Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Antologi UPI . 5(1): 56-67.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika , 2(2): 8-18.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taufik, M. (2013). Pengantar Pendidikan. Tangerang: CV. Mujahid Press
Wulandari, Y., & Sutriyono. (2018). Deskripsi Pemahaman Konsep Bangun Datar Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03 Salatiga Berkemampuan Rendah. Maju. Maju . 5(02): 76-68.
Yuliyanto, A., & Putri, H. E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD Melalui Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract. Metodik Didaktik . 14(2): 75-85.