ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL, MOTIVASI INTRINSIK DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMA (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 3 MODEL RAMBAH HILIR)
Keywords:
Media Sosial ,Motivasi Intrinsik dan Pengetahuan KewirausahaanAbstract
Jumlah pengangguran yang semakin meningkat tidak diikuti dengan luasnya
kesempatan untuk bekerja.Membuka lapangan pekerjaan menjadi solusi
terbaikdari ketatnya persaingan mencari pekerjaan.Faktor -faktor yang
mendorong minat untuk berwirausaha antara lain penggunaan media
sosial,motivasi intrinsik dan pengetahuan kewirausahaan.Oleh sebab itu penelitian
ini bertujuan untuk menganalis pengaruh penggunaan media sosial,motivasi intrinsik dan pengetahuan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMA secara
persial maupun sumultan.populasi penelitianini adalah siswa SMA negeri 3
rambah hilir .Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling
dengan 35 orang responden yang telah lulus kriteria. Metode penelitian bersifat
kuantitatif dan teknik analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil penelitian
secara parsial menunjukkan bahwa variabel penggunaan media sosial tidak
berpengaruh signifikan dan memiliki korelasi positif terhadap minat
berwirausaha,sedangkan untuk variabel motivasi intrinsik dan pengetahuan
kewirausahaan secara signifikan dan positif terhadap minat berwirausaha.Hasil
penelitian secara simultan menunjukkan bahwa penggunaan media
sosial,motivasi intrinsik dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh secara
signifikan terhadap minat berwirausaha siswa SMA dengan nilai signifikasi 0001
dengan koefisien determinasi sebesar 6,3%
Downloads
References
Anggraeni, Bety. 2015. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Resky Nursyafitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.