PENGARUH MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PENIGKATAN OMSET PENJUALAN UMKM (STUDI KASUS PEDAGANG KULINER UMKM DIKECAMATAN UJUNGBATU)

THE INFLUENCE OF FACEBOOK SOCIAL MEDIA ON INCREASING MSME SALES TURNOVER (CASE STUDY OF MSME CULINARY TRADERS UJUNGBATU DISTRICT)

Authors

  • Ayu Okta Putri Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1476

Keywords:

Media Sosial, Facebook , Omset Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial facebook terhadap peningkatan omset penjualan UMKM (studi kasus pedagang kuliner UMKM Dikecamatan Ujungbatu). Populasi dalam penelitian ini adalah Pedagang kuliner UMKM Dikecamatan Ujungbatu Sampel penelitian menggunakan teknik sampel random sampling sebanyak 100 pedagang kuliner UMKM. Variabel bebas dalam penelitian ini media sosial facebook (X1), dan variabel terikat (Y) Omset penjualan. Metode pengumpulan data menggunkan observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan program SPSS. Secara parsial, diperoleh t-hitung media sosial facebook 10.499. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 52,9% omset penjualan dapat dipengaruhi oleh variabel media sosial facebook sedangkan sisanya 47,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini secara parsial variabel media sosial facebook berpengaruh positif dan signifikan terhadap omset penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adityo, Benito, 2011. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Disitus Kaskus. http://eprints.un

Alma Buchari, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Bandung : Alva beta Tahun 2014 Anoname, 2012. Pengertian Media sosial, Peran Serta Fungsinya.

Ghozali, Imam. 2013. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Penerbit Alfabeta. http ://openmediart.com/lo g/pics/sdarticle.pdf. tanggal akses 1 September 2014.

Diakses pada tanggal 15 Maret 2015, pukul 10.47 Arifin, Ali. 2010. Viral Marketing - Konsep Baru Berinvestasi Dan Berwirausaha. Yogyakarta : Andi Publisher.

Irfan M. 2014. Efektivitas peggunaan media sosial twitter sebagai media komunikasi. Pemasaran strike! Courier di smarinda. ejournalilmu dapat diunduhdi:

Kaplan, Andreas M & Michael Haenlein. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53, hlm 59-68.

Kaplan, Andreas M. & Michael Haenlein. 2010. "Users of the world, unite! Thechallenges and opportunities of SocialMedia". Business Horizons 53(1): 59-68.

Saragih, Hoga dan Ramdhany, Rizky, 2012. JURNAL. Pengaruh Intensi Pelanggan Dalam Berbelanja Online Kembali Melalui Media Teknologi Informasi Forum Jual Beli (FJB) Kaskus. Universitas Bakrie. Jakarta

Setiawati, Ira. 2014, Pengaruh E-Marketing Pada Bisnis Online Menggunakan Media Sosial (Studi Deskriptif Kulitatif), Seminar dan Call for Paper,FEB, Universitas Stikubank, Semarang.

Solis, Brian. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build Cultivate and Measure Success on The Web. New Jersey: John Wiley & Sons

Sugiyono 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, bandungAlfabetta

Taniredja, Tukiran dan Mustafidah, Hidayati, 2012. Penelitian Kuantitatif. ALFABETA. Bandung.

Utami, Agustin Dyah dan Triyono, Ramadian Agus, 2012. Pemanfaatan Blackberry Sebagai Sarana Komunikasi dan Penjualan Batik Online dengan Sistem Dropship di Batik Solo 85. http://ijns.org/journal/index.php/, Diakses pada tanggal 30 Maret 2015, pukul 11.25

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Ayu Okta Putri. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PENIGKATAN OMSET PENJUALAN UMKM (STUDI KASUS PEDAGANG KULINER UMKM DIKECAMATAN UJUNGBATU): THE INFLUENCE OF FACEBOOK SOCIAL MEDIA ON INCREASING MSME SALES TURNOVER (CASE STUDY OF MSME CULINARY TRADERS UJUNGBATU DISTRICT). Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 568–578. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1476

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.