PENGARUH MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PENIGKATAN OMSET PENJUALAN UMKM (STUDI KASUS PEDAGANG KULINER UMKM DIKECAMATAN UJUNGBATU)

DOI:

https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1476

THE INFLUENCE OF FACEBOOK SOCIAL MEDIA ON INCREASING MSME SALES TURNOVER (CASE STUDY OF MSME CULINARY TRADERS UJUNGBATU DISTRICT)

Authors

  • Ayu Okta Putri Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Media Sosial
Facebook
Omset Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial facebook terhadap peningkatan omset penjualan UMKM (studi kasus pedagang kuliner UMKM Dikecamatan Ujungbatu). Populasi dalam penelitian ini adalah Pedagang kuliner UMKM Dikecamatan Ujungbatu Sampel penelitian menggunakan teknik sampel random sampling sebanyak 100 pedagang kuliner UMKM. Variabel bebas dalam penelitian ini media sosial facebook (X1), dan variabel terikat (Y) Omset penjualan. Metode pengumpulan data menggunkan observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan program SPSS. Secara parsial, diperoleh t-hitung media sosial facebook 10.499. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 52,9% omset penjualan dapat dipengaruhi oleh variabel media sosial facebook sedangkan sisanya 47,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini secara parsial variabel media sosial facebook berpengaruh positif dan signifikan terhadap omset penjualan.

Downloads

Read More

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Ayu Okta Putri. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PENIGKATAN OMSET PENJUALAN UMKM (STUDI KASUS PEDAGANG KULINER UMKM DIKECAMATAN UJUNGBATU): THE INFLUENCE OF FACEBOOK SOCIAL MEDIA ON INCREASING MSME SALES TURNOVER (CASE STUDY OF MSME CULINARY TRADERS UJUNGBATU DISTRICT). Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 568–578. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1476

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.