ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL, MOTIVASI INTRINSIK DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMA (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 3 MODEL RAMBAH HILIR)
Keywords:
Media Sosial ,Motivasi Intrinsik dan Pengetahuan KewirausahaanAbstract
Jumlah pengangguran yang semakin meningkat tidak diikuti dengan luasnya
kesempatan untuk bekerja.Membuka lapangan pekerjaan menjadi solusi
terbaikdari ketatnya persaingan mencari pekerjaan.Faktor -faktor yang
mendorong minat untuk berwirausaha antara lain penggunaan media
sosial,motivasi intrinsik dan pengetahuan kewirausahaan.Oleh sebab itu penelitian
ini bertujuan untuk menganalis pengaruh penggunaan media sosial,motivasi intrinsik dan pengetahuan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMA secara
persial maupun sumultan.populasi penelitianini adalah siswa SMA negeri 3
rambah hilir .Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling
dengan 35 orang responden yang telah lulus kriteria. Metode penelitian bersifat
kuantitatif dan teknik analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil penelitian
secara parsial menunjukkan bahwa variabel penggunaan media sosial tidak
berpengaruh signifikan dan memiliki korelasi positif terhadap minat
berwirausaha,sedangkan untuk variabel motivasi intrinsik dan pengetahuan
kewirausahaan secara signifikan dan positif terhadap minat berwirausaha.Hasil
penelitian secara simultan menunjukkan bahwa penggunaan media
sosial,motivasi intrinsik dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh secara
signifikan terhadap minat berwirausaha siswa SMA dengan nilai signifikasi 0001
dengan koefisien determinasi sebesar 6,3%
Downloads
References
Anggraeni, Bety. 2015. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan
Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Smk Islam Nusantara
Comal Kabupaten Pemalang.Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika
Pendidikan, Vol. X No.1 juni 2015. Hal 42-52
Aprilianty, Eka.2012.Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan
Kewirausahaan, dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK.
Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol.2 No.3 November 2012
Buchari Alma. (2013). Kewirausahaan.Bandung: Alfabeta.
Chalid Imran Musa, and Muhammad Hasan. 2018. The Influence of Social,
Economic, and Demographic Characteristic on Working Hours of Micro,
Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Makassar City, J. Phys.:Conf.Ser.
012181
Djaali H. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Helmawati. 2016. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja rosdakarya.
Maftuhah, Rifa’atul. 2015. Pengaruh Efikasi diri, Lingkungan Keluarga, Dan
Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK
diSidoarjo.Jurnal pendidikan ekonomi Vol. 3 No.1 Tahun 2015
Nasution, Ashari. 2017. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Kreatifitas
Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Ekstensi
-2015 Universitas Sumatra Utara (Usu). Program Studi Manajemen
Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas Sumatra
Utara: Medan.
Paramitasari, f. (2016). Pengaruh motivasi berwirausaha dan pengetahuan. jurnal.
Prawironegoro, Darsono. 2017. Kewirausahaan Abad 21. Jakarta: Mitra wacana
media.
Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Meto
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Resky Nursyafitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.