ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL, MOTIVASI INTRINSIK DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMA (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 3 MODEL RAMBAH HILIR)

Authors

  • Resky Nursyafitri Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Media Sosial ,Motivasi Intrinsik dan Pengetahuan Kewirausahaan

Abstract

Jumlah pengangguran yang semakin meningkat tidak diikuti dengan luasnya
kesempatan untuk bekerja.Membuka lapangan pekerjaan menjadi solusi
terbaikdari ketatnya persaingan mencari pekerjaan.Faktor -faktor yang
mendorong minat untuk berwirausaha antara lain penggunaan media
sosial,motivasi intrinsik dan pengetahuan kewirausahaan.Oleh sebab itu penelitian
ini bertujuan untuk menganalis pengaruh penggunaan media sosial,motivasi intrinsik dan pengetahuan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMA secara
persial maupun sumultan.populasi penelitianini adalah siswa SMA negeri 3
rambah hilir .Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling
dengan 35 orang responden yang telah lulus kriteria. Metode penelitian bersifat
kuantitatif dan teknik analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil penelitian
secara parsial menunjukkan bahwa variabel penggunaan media sosial tidak
berpengaruh signifikan dan memiliki korelasi positif terhadap minat
berwirausaha,sedangkan untuk variabel motivasi intrinsik dan pengetahuan
kewirausahaan secara signifikan dan positif terhadap minat berwirausaha.Hasil
penelitian secara simultan menunjukkan bahwa penggunaan media
sosial,motivasi intrinsik dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh secara
signifikan terhadap minat berwirausaha siswa SMA dengan nilai signifikasi 0001
dengan koefisien determinasi sebesar 6,3%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Bety. 2015. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan

Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Smk Islam Nusantara

Comal Kabupaten Pemalang.Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika

Pendidikan, Vol. X No.1 juni 2015. Hal 42-52

Aprilianty, Eka.2012.Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan

Kewirausahaan, dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK.

Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol.2 No.3 November 2012

Buchari Alma. (2013). Kewirausahaan.Bandung: Alfabeta.

Chalid Imran Musa, and Muhammad Hasan. 2018. The Influence of Social,

Economic, and Demographic Characteristic on Working Hours of Micro,

Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Makassar City, J. Phys.:Conf.Ser.

012181

Djaali H. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Helmawati. 2016. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja rosdakarya.

Maftuhah, Rifa’atul. 2015. Pengaruh Efikasi diri, Lingkungan Keluarga, Dan

Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK

diSidoarjo.Jurnal pendidikan ekonomi Vol. 3 No.1 Tahun 2015

Nasution, Ashari. 2017. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Kreatifitas

Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Ekstensi

-2015 Universitas Sumatra Utara (Usu). Program Studi Manajemen

Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas Sumatra

Utara: Medan.

Paramitasari, f. (2016). Pengaruh motivasi berwirausaha dan pengetahuan. jurnal.

Prawironegoro, Darsono. 2017. Kewirausahaan Abad 21. Jakarta: Mitra wacana

media.

Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Meto

Published

2023-11-16

How to Cite

Resky Nursyafitri. (2023). ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL, MOTIVASI INTRINSIK DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMA (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 3 MODEL RAMBAH HILIR) . Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2). Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki/article/view/1750

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.