Main Article Content

Abstract

Jumlah pengangguran yang semakin meningkat tidak diikuti dengan luasnya
kesempatan untuk bekerja.Membuka lapangan pekerjaan menjadi solusi
terbaikdari ketatnya persaingan mencari pekerjaan.Faktor -faktor yang
mendorong minat untuk berwirausaha antara lain penggunaan media
sosial,motivasi intrinsik dan pengetahuan kewirausahaan.Oleh sebab itu penelitian
ini bertujuan untuk menganalis pengaruh penggunaan media sosial,motivasi intrinsik dan pengetahuan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMA secara
persial maupun sumultan.populasi penelitianini adalah siswa SMA negeri 3
rambah hilir .Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling
dengan 35 orang responden yang telah lulus kriteria. Metode penelitian bersifat
kuantitatif dan teknik analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil penelitian
secara parsial menunjukkan bahwa variabel penggunaan media sosial tidak
berpengaruh signifikan dan memiliki korelasi positif terhadap minat
berwirausaha,sedangkan untuk variabel motivasi intrinsik dan pengetahuan
kewirausahaan secara signifikan dan positif terhadap minat berwirausaha.Hasil
penelitian secara simultan menunjukkan bahwa penggunaan media
sosial,motivasi intrinsik dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh secara
signifikan terhadap minat berwirausaha siswa SMA dengan nilai signifikasi 0001
dengan koefisien determinasi sebesar 6,3%

Keywords

Media Sosial ,Motivasi Intrinsik dan Pengetahuan Kewirausahaan

Article Details

How to Cite
Resky Nursyafitri. (2023). ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL, MOTIVASI INTRINSIK DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMA (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 3 MODEL RAMBAH HILIR) . Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2). Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki/article/view/1750

References

  1. Anggraeni, Bety. 2015. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan
  2. Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Smk Islam Nusantara
  3. Comal Kabupaten Pemalang.Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika
  4. Pendidikan, Vol. X No.1 juni 2015. Hal 42-52
  5. Aprilianty, Eka.2012.Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan
  6. Kewirausahaan, dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK.
  7. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol.2 No.3 November 2012
  8. Buchari Alma. (2013). Kewirausahaan.Bandung: Alfabeta.
  9. Chalid Imran Musa, and Muhammad Hasan. 2018. The Influence of Social,
  10. Economic, and Demographic Characteristic on Working Hours of Micro,
  11. Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Makassar City, J. Phys.:Conf.Ser.
  12. 012181
  13. Djaali H. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  14. Helmawati. 2016. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja rosdakarya.
  15. Maftuhah, Rifa’atul. 2015. Pengaruh Efikasi diri, Lingkungan Keluarga, Dan
  16. Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK
  17. diSidoarjo.Jurnal pendidikan ekonomi Vol. 3 No.1 Tahun 2015
  18. Nasution, Ashari. 2017. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Kreatifitas
  19. Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Ekstensi
  20. -2015 Universitas Sumatra Utara (Usu). Program Studi Manajemen
  21. Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas Sumatra
  22. Utara: Medan.
  23. Paramitasari, f. (2016). Pengaruh motivasi berwirausaha dan pengetahuan. jurnal.
  24. Prawironegoro, Darsono. 2017. Kewirausahaan Abad 21. Jakarta: Mitra wacana
  25. media.
  26. Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja
  27. Grafindo Persada.
  28. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
  29. dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  30. Sugiyono. (2015). Meto