Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy, literasi kewirausahaan dan karakteristik wirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa Manajemen Universitas Pasir Pengaraian baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian angkatan 2017 yang masih aktif kuliah sampai tahun 2021. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus  dengan jumlah sebanyak 85 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini self efficay (X1), literasi kewirausahaan  (X2),  karakteristik wirausaha  (X3) dan variabel terikat minat berwirausaha (Y). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara dan penelitian kepustakaan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS diperoleh persamaan regresi Y = 8.911  + 1.145X1 + 2.053X+ 0.940X+ e . Alat analisis yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi R, uji t dan uji F. Hasil penelitian secara parsial dan simultan variabel self efficacy, literasi kewirausahaan dan karakteristik wirausaha memberikan pengruh yang signifikan terhadap self efficacy, literasi kewirausahaan dan karakteristik wirausaha.

Keywords

self efficacy, literasi kewirausahaan, karakteristik wirausaha, minat berwirausaha

Article Details

How to Cite
Rohli, R. H. (2022). PENGARUH SELF EFFICACY, LITERASI KEWIRAUSAHAAN DAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA MANAJEMEN UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 799–817. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i3.1550

References

  1. Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
  2. Anwar (2016). Pengaruh Literasi Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di Smk Negeri 1 Soppeng. Jurnal Manajemen Universitas Negeri Makasar. Vol.11; 189-206. http://eprints.unm.ac.id diakses 25 Januari 2021.
  3. Atkinson, Richard L (2012). Pengantar psikologi : jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.
  4. Baihaqi (2013). Berfikir dan Menjadi Sukses.. Yogyakarta :BPFE.
  5. Balkis (2013). Karakteristik Wirausaha Sukses. Bandung: Alfabeta.
  6. Bandura (2013). Marketing Research. Erlangga,. Jakarta.
  7. Cain (2015). Kewirausahaan: Teori dan Praktek. Yogyakarta :BPFE.
  8. Djaali (2012). Berfikir dan Menjadi Sukses.. Yogyakarta :BPFE.
  9. Hendrawandan Sirene (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal Of Innovation and Enterpreneurship. Vol.2;335-345. https://journal.ac.id/artcle/view/8969/7510 diakses 25 Januari 2021.
  10. Hisrich (2013). Kewirausahaan Teori, Kasus dan Solusi. Bandung: Alfabeta.
  11. Jones et all (2015). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
  12. Kahn (2013). Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.
  13. Kartono (2012). Konsep Dan Pengembangan Kewirausahaan Di Indonesia. Jakarta :Salemba Empat.
  14. Kasmir (2013). Kewirausahaan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
  15. Kuntowicaksono (2012). Kewirausahaan : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta : Erlangga.
  16. Leonardus (2012). Kewirausahaan: Teori dan Praktek. Yogyakarta :BPFE.
  17. Liñán (2014). Strategi Kewirausahaan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
  18. Lupiyoadi, Rambat (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
  19. Mawanti (2013). Berfikir dan Menjadi Sukses. Jakarta: Rhineka Cipta.
  20. Mulyadi (2013). Manajemen dan Kewirausahaan. Jakarta : Erlangga.
  21. Premaratne (2015). Kewirausahaan: Suatu Alternatif Lain Menuju Kesuksesan. Surakarta: BPK FEB UMS
  22. Richard, L. (2010). Era Baru Manajemen.Salemba Empat: Edward Tanujaya.
  23. Robbin & Coulter (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta :Erlangga.
  24. Saiman (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  25. Scarborough dan Zimmerer (2012). Karakteristik Wirausaha Sukses. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  26. Slameto (2013). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.
  27. Sudaryanto. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
  28. Sudrajad (2011). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan. Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  29. Sugiyono. (2011). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  30. Suharsimi, Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  31. Sulistyawati (2012). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan. Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  32. Suryana (2012). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  33. Steers dan Braunstein (2012). Karakteristik Wirausaha Sukses. Bandung: Alfabeta.
  34. Wibowo (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Pengambilan Risiko dan Inovasi terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Udayana. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Vol.6; 2731-2760. https://ojs.unud.ac.id diakses 25 Januari 2021.
  35. Winkel (2014). Manajemen dan Kewirausahaan. Jakarta : Erlangga.
  36. Yuliyaningsih dkk (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
  37. Yuyus (2013). Kewirausahaan: Teori dan Praktek. Yogyakarta :BPFE.
  38. Zimmerer (2012). Karakteristik Wirausaha Sukses. Bandung: Alfabeta.