PENGARUH PRICING OF GREEN PRODUCT DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP BRAND IMAGE PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH (STUDI PADA KONSUMEN PESONA KOMSETIK PASIR PENGARAIAN)
DOI:
https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i2.1527Keywords:
Penetapan Harga Produk Ramah Lingkungan, Pemasaran Hubungan Pelanggan, Citra MerekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pricing of green product dan customer relationship marketing terhadap brand image pada produk kosmetik Wardah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah konsumen Pesona Kosmetik Pasir Pengaraian. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan responden sejumlah 269 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini pricing of green product (X1), customer relationship marketing (X2) dan variabel terikat brand image (Y). Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 1.823+ 0.264X1 + 0.433X2. Secara parsial, diperoleh Sig pricing of green product dan customer relationship marketing sebesar 0.000. Secara simultan, diperoleh F-hitung 809.757 menunjukkan pricing of green product dan customer relationship marketing secara bersama-sama berpengaruh terhadap brand image. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85,9% brand image dipengaruhi oleh pricing of green product dan customer relationship marketing, sedangkan sisanya 14,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial dan simultan pricing of green product dan customer relationship marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand image
Downloads
References
Aaker. (2014). Memahami Prilaku Konsumen. Edisi Revisi. Alih Bahasa :Bayu. Jakarta:PT. Gelora Aksara Pratama
American Marketing Association. (2014). Perilaku Konsumen dan Implikasinya dalam Strategi Pemasaran. Terjemahan. Jakarta :PT. Prenada Media.
Felisita, Wina. (2014). Strategi pemasaran. Jakarta : Kencana Prenada media Grop.
Ferdinal Tonnies (2017). Metode Penelitian Manajemen. Jakarta :Erlangga.
Ferdinand, Augusty. (2017). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gaffar (2015). Penerapan Bauran Promosi Pada Produk. Yogyakarta :BPFE.
Ghazali. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta :Erlangga.
Grant, Robert M. (2015). Manajemen Strategi. Jakarta :Salemba Empat.
Haryadi, Hendi. (2012). Prioritas Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup. Jakarta :PT. Indeks.
Harini (2015). Penetapan Harga, Makro Ekonomi Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Hashem dan Al-Rifai (2015). Marketing Research. Erlangga,. Jakarta.
Hati & Afriani (2015). Manajemen pemasaran. Jakarta:Erlangga.
Himawan (2016). Penetapan Harga, Makro Ekonomi Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Izzati (2019). Pengaruh Perceived Quality Dan Brand Image Terhadap Brand Trust Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Pemasaran, Vol .13, No.2; 23-35.
Keller, Kevin Lane. (2015). Manajemen Pemasaran. Jilid. 2, Edisi 12. Jakarta:Erlangga
Kotler, Philip. (2015). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta:PT. Prenhallindo.
Kotler, Philip dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi. Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kuncoro (2017). Statiska Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.
Lee, Liang Oey. (2014). Pengantar Manajemen. Jakarta :salemba Empat.
Mangkono. (2013). Panduan Perencanaan Pemasaran. Jakarta :PT. Indeks.
Mintu dan Lozada. (2015). Strategi Bisnis Pemasaran. Jakarta :Erlangga.
Nofiasari (2019). Pengaruh Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Brand Image Pada Produk Tupperware di Kota Padang. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol, 1. No, 5. Halaman 37-45.
Notoatmodjo (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penerbit: Rineka Cipta
Oesman (2015). Consumer perceived value: the development of a multiple item scale. Terjemahan. Jakarta :Gramedia.
Palwa. (2014). Bauran Pemasaran :Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta. Gramedia.
Pattie (2014). Pemasaran Dasar-Dasar : Pendekatan Manajerial Global. Bandung :Alfabeta.
Pertami (2017). Pengaruh Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Brand Image Produk SPA Bali Tangi. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol, 2. No.1. Halaman 21-34.
Prandnyani R., Abdillah, & Mawardi. (2017). Strategi Pemasaran. Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.
Rahman (2015). Manajemen Pemasaran. Jilid. 2, Edisi 12. Jakarta:Erlangga
Saladin (2015). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan kedelapan, Bandung: Alfabeta.
Saputri, Eka Maharni dan Pranata, Tutut Ratna. (2014). Pengaruh brand image Terhadap Pengguna smartphone iPhone. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Vol.13, No. 3, Hal 193- 200.
Sarah dan Sutar (2020). Pengaruh Green Marketing, Corporate Social Responsibility Terhadap Brand Image Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol, 3. No, 1. Halaman 25-33.
Schiffman dan Kanuk (2016). Strategi Pemasaran. Jakarta :Bumi Aksara.
Setiawan. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta:Salemba Empat
Shaputra, Danu. (2013). Hukum Lingkungan. Bandung :Binacipta.
Shimp (2014). Consumer Behavior (Prilaku Konsumen). Edisi 7. Jakarta:Pt. Indeks
Simamora (2015). Manajemen Pemasaran. Jilid. 2, Edisi 12. Jakarta:Erlangga
Siregar. (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta. Bandung
Stanley (2015). Perilaku Konsumen. Bogor : Ghalia Indonesia.
Stanton William J. (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta :Erlangga.
Sugiyono (2016). Statiska Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.
Supranto (2014). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian pemasaran. Edisi 4 buku 2. Yogyakarta:BPFE
Susanto (2014). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta:BPFE
Suwarman, Ujang. (2012). Perilaku Konsumen :Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta :PT. Ghalia Indonesia.
Tjiptono Fandi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta :Bumi Aksara
Valentin (2021). Pengaruh Brand Image Dan Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over Di Media Sosial (Instagram dan youtube). Journal EMBA, Vol. 2, No. 3. Hal 1-11
Zeithaml Valerie, AA. (2015). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk. Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta :Erlangga.
Zeithaml dan Bitner (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta :Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.