Pengaruh Motivasi Berprestasi, Penyesuaian Diri, Dan Manajemen Waktu Terhadap Tingkat Stres Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian

Authors

  • Lilik Indriani Sihombing Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Motivasi Berprestasi, Penyesuaian Diri, Manajemen Waktu, dan Tingkat Stres

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Motivasi Berprestasi, Penyesuaian Diri dan Manajemen Waktu Terhadap Tingkat Stres pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengairan Tahun 2022”. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui apakah motivasi berprestasi berpengaruh terhadap tingkat stres pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian? (2) Mengetahui apakah penyesuaian diri berpengaruh terhadap tingkat stres pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian? (3) Mengetahui apakah manajemen waktu berpengaruh terhadap tingkat stres pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian? (4) Mengetahui apakah motivasi berprestasi, penyesuaian diri dan manajemen waktu berpengaruh secara simultan terhadap tingkat stres pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian?

Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel motivasi berprestasi (X1), variabel penyesuaian diri (X2), variabel manajemen waktu (X3), dan variabel tingkat stres (Y). Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil Uji t yang terlah dilakukan, diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara variabel motivasi berprestasi (X1) terhadap variabel tingkat stres (Y). (2) Berdasarkan hasil Uji t yang telah dilakukan, diketahui bahwa terdapat pengaruh siginfikan antara variabel penyesuaian diri (X2) terhadap variabel tingkat stres (Y). (3) Berdasarkan hasil Uji t yang terlah dilakukan, diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh siginifikan antara variabel manajemen waktu (X3) terhadap variabel tingkat stres (Y). (4) Berdasarkan hasil Uji F yang terlah dilakukan, diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh secara siginifikan antara variabel motivasi berprestasi (X1), variabel penyesuaian diri (X2) dan variabel manajemen waktu (X3) terhadap variabel tingkat stres (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian, Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Anas, Muhammad & Farida Aryani. (2014). Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI. Vol 16 (1).

Asmara, Husna. (2007). Penulisan Karya Ilmiah. Pontianak: Fahruna Bahagia.

Atmoko, Adi & Hidayah, Nur. (2014). Landasan Sosial Budaya Dan Psikologis Pendidikan Terapannya Di Kelas. Malang: Gunung Samudera.

Baptis, Stefania Seto., dkk. (2020). Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu. Vol 4 (3).

Dale, A. Timpe. (2002). Memimpin Manusia, Seri Ilmu dan Seni Manajemen Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Asri Media.

Djarwo, Catur Fathonah. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram. Vol 7 (1).

Firdaus, Clarysya Cahya dkk. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 2 (1).

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.

Haditono. (2021). Psikologi Pekembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Handoko, T. Hani. (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. BPFE.

Karina, Tisa Alif & Miftakhul Jannah. (2021). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Atlet Pelajar Di Sma Negeri Olahraga Jawa Timur. Jurnal Penelitian Psikologi. Vol 8 (4).

Kumala, Aida Nur. (2013). Hubungan Strategi Coping dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru di Ma’had Sunan Ampel Al-Aly Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Kurniati, Khofifah & Hamidah. (2021). Pengaruh Penyesuaian Diri terhadap Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian BRPKM. Vol 1 (1).

Larsen, Randy J & David M. Buss. (2005). Personality Psychology: Domain of Knowledge About Human Nature. New York: McGraw Hill.

Mulya, Hantoro Andhi & Endang Sri Indrawati. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, Vol 5 (2).

Musradinur. (2016). Stres dan Cara Mengatasinya dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Edukasi. Vol 2 (2).

Nawawi, Hadari. (2021). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Nazir, Moh. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nugroho, Dwi Hidayanto. (2019). Manajemen Waktu (Filosofi-Teori- Implementasi). Depok: Rajawali Pers.

Oktaviana, Divie. (2012). Problematika Penyesuaian Diri Remaja terhadap Sekolah (Studi Deskriptif di MAN 3 Malang). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Purwanto, M.N. (2006). PsikologiPendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahma, Aulia. (2016). Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Excellent Al-Yasin yang Tinggal di Pondok Pesantren. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Saniskoro, Bia Sabrina Rahayu & Sari Zakiah Akmal. (2017). Peranan Penyesuaian Diri Di Perguruan Tinggi Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Perantau Di Jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat. Vol 4 (1).

Santrock, John W. (2009). Educational Psychology. Jakarta: Salemba Humanika.

Saputri, Kiki Anggun & DYP. Sugiharto. (2020). Hubungan Antara Self Efficacy Dan Social Support Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Akhir Penyusun Skripsi Di FIP UNNES Tahun 2019. Journal of Guidance and Counseling. Vol 4 (1).

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Keenam. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surakhmad, Winarno. (2003). Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Wibowo, Reza dkk. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Penyesuaian Diri dan Manajemen Waktu Terhadap Tingkat Stres pada Mahasiswa FIK Unimed. Jurnal Pedagogik Olahraga. Vol 07 (02).

Yanti, Hera. (2021). Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi) di Fakultas Ilmu Kependidikan Universitas Almuslim. Journal of Education Science (JES). Vol 7 (2).

Yudhawati, Ratna dan Dany Haryanto. (2011). Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Published

2024-01-03

How to Cite

Sihombing, L. I. (2024). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Penyesuaian Diri, Dan Manajemen Waktu Terhadap Tingkat Stres Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian . Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(3). Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki/article/view/1566

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.