PENGARUH RELIGIULITAS, KONTROL DIRI DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MENABUNG NASABAH BANK MANDIRI SYARIAH UJUNG BATU
DOI:
https://doi.org/10.30606/hirarki.v3i2.1376Keywords:
Religiusitas, Kontrol Diri, Inklusi Keuangan, Perilaku MenabungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiulitas, kontrol diri dan inklusi keuangan terhadap perilaku menabung nasabah bank mandiri syariah ujung batu. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji f dan koefisien determinasi (r2). Populasi dari penelitian ini adalah nasabah bank mandiri syariah ujung batu sebanyak 14.566. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Tehnik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakanobservasi dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda, dapat disimpulkan bahwa religiulitas, kontrol diri dan inklusi keuangan secara bersama-sama berpengaruh postif dan signifikan, hasil uji analisis regresi linier berganda dinyatakan bahwa r square = 0,918 atau 91,8%, hal ini berarti variabel religiulitas, kontrol diri dan inklusi keuangan dapat digunakan untuk menjelaskan variabel perilaku menabung, dan sisa variabel penelitian 8,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil secara parsial religiulitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung dengan nilai thitung > ttabel 8,950 > 1.98447, kontrol diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung dengan nilai thitung > ttabel 4.712 > 1.98447, inklusi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung engan nilai thitung > ttabel 17.426 > 1.98447. Secara simultan diperoleh hasil fhitung > ftabel (368,402 > 2.70) maka ha diterima dan ho ditolak yang berarti religiulitas, kontrol diri dan inklusi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung.
Downloads
References
Abdullah, Thamrin (2012). Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Amalia (2010). Literasi Keuangan. Jakarta :Gramedia.
Antonio, Muhammad Syafii (2012). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, Suharsimi (2011). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta :Erlangga.
Asyarie (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Bank Dunia (2015). Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Chaplin (2011). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung :Rosda Karya.
Darajat, Zakiyah (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:Bumi Aksara.
Delisi dan Berg (2016). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11 Buku 2 Jakarta: Salemba Empat.
Eriksson & Hermansson (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jakarta:Salemba Empat.
Gadinasyin (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat, 2011.
Glock & Stark (2011). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih. Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Prenhalindo. Jakarta:Erlangga.
Goldfried dan Merbaum (2012). Financial Literacy and Planning. Terjemahan. Bandung :Ipi
Husein, Umar (2011). Metodelogi Penelitian. Jakarta :Gramedia.
Kotler, Philips (2015). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku Dua, Edisi Pertama,. Yogyakarta: Andy.
Kuncoro (2013). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta : Grasindo.
Logue (2013). Ajaran Pendidikan Fundamental. Jakarta :Erlangga
Marwanti (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Menabung Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Akuntansi Manajemen. Vol, 2. No, 2. Halaman 1-12.
Martoyo (2010). Metodolegi Penelitian Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Metawa and Almossawi (2012). Dasar-dasar Manajemen Bank syariah. Jakarta: Gema Insani.
Michael, dkk (2017). Manajemen Treasuri. Yogyakarta :BPFE.
Nasution, Harun (2011). Perilaku Keuangan. Jakarta :Salemba Empat.
Nugroho (2015). Teori Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Omer, Hamalik (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta :Erlangga.
Peraturan Presiden Republik Indonesia No 82 Tahun 2016.
Peter dan Olson (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat, 2011.
Pride dan Ferrel (2010). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jakarta:Salemba Empat.
Putri (2018). Pengaruh Kontrol Diri, Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Maalah Ekonomi. Vol, 23. No, 1. Halaman 1-14.
Rangarajan, (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta :Erlangga.
Ritonga dan Firdaus (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Ruyatnasih dkk (2011). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sanjaya (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta :Erlangga.
Sarma (2012). Perilaku Keuangan. Jakarta :Erlangga.
Setiadi (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta :Erlangga.
Sugiyono (2010). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: BPFE.
(2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Suroso, Imam Jazuli (2012). Referensi Ekonomi Islam. Jakarta :Erlangga.
Swastha, Basu dan Irawan (2012). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Thohir, Muhammad Thaib (2011). Direktori Perasuransian Indonesia. Jakarta :Salemba Empat.
Triani (2017). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia
Vorgote (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang. Pressindo.
Wardani (2019). Pengaruh Kontrol Diri, Religiusitas, Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Di Bank Syariah Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Manajemen Keuangan. Vol, 1. No, 1. Halaman 1-15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.