ANALISIS PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI, MANAJEMEN WAKTU, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN)

DOI:

https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i3.1543

Authors

  • Wina Safira Wina a:1:{s:5:"en_US";s:28:"Universitas Pasir Pengaraian";}

Keywords:

Keaktifan Berorganisasi
Manajemen Waktu
Motivasi Belajar
Prestasi Akademik

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi, manajemen waktu, dan motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Manajemen. Objek penelitian di Program Studi Manajemen angkatan 2021 sebanyak 187, ukuran sampel menggunakan Rumus Nomogram Herry King. Hasil penelitian dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan = 13.451 + 0.562 (X1) + 0.918 (X2) + 0.109 (X3), nilai Adjusted R Square sebesar 0.525, hasil uji t variabel (X1) nilai thitung sebesar 5.141 > 1.981, berpengaruh positif dan signifikan secara persial terhadap prestasi akademik. Variabel (X2) Nilai thitung sebesar 4.973 > 1.981, berpengaruh positif dan signifikan secara persial terhadap prestasi akademik mahasiswa. Nilai thitung (X3) sebesar 702 < 1.981, berpengaruh positif dan tidak signifikan secara persial terhadap prestasi akademik mahasiswa. Hasil uji ANOVA nilai fhitung lebih besar dibandingkan ftabel sebesar 2.687 < 41.848, secara simultan variabel keaktifan berorganisasi, manajemen waktu, dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi akademik mahasiswa.

Downloads

Read More

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Wina, W. S. (2022). ANALISIS PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI, MANAJEMEN WAKTU, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN). Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 835–844. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i3.1543

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.