ANALISIS PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI, MANAJEMEN WAKTU, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN)

Authors

  • Wina Safira Wina a:1:{s:5:"en_US";s:28:"Universitas Pasir Pengaraian";}

DOI:

https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i3.1543

Keywords:

Keaktifan Berorganisasi, Manajemen Waktu, Motivasi Belajar, Prestasi Akademik

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi, manajemen waktu, dan motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Manajemen. Objek penelitian di Program Studi Manajemen angkatan 2021 sebanyak 187, ukuran sampel menggunakan Rumus Nomogram Herry King. Hasil penelitian dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan = 13.451 + 0.562 (X1) + 0.918 (X2) + 0.109 (X3), nilai Adjusted R Square sebesar 0.525, hasil uji t variabel (X1) nilai thitung sebesar 5.141 > 1.981, berpengaruh positif dan signifikan secara persial terhadap prestasi akademik. Variabel (X2) Nilai thitung sebesar 4.973 > 1.981, berpengaruh positif dan signifikan secara persial terhadap prestasi akademik mahasiswa. Nilai thitung (X3) sebesar 702 < 1.981, berpengaruh positif dan tidak signifikan secara persial terhadap prestasi akademik mahasiswa. Hasil uji ANOVA nilai fhitung lebih besar dibandingkan ftabel sebesar 2.687 < 41.848, secara simultan variabel keaktifan berorganisasi, manajemen waktu, dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi akademik mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Bahra, S. (2019). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. 2(2), 50–55. Journal Educational of Nursing (JEN).

Ardi Munir, M., & Rasyid, Mariani. (2019). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Kedokteran, 6(2).

Rahman Arrafiqur, Effendi Irwan, Alfiah Nur Lufita, Purwantoro (2020). Solusi Persoalan Kemiskinan Di Kabupaten Rokan Hulu Journal.Upp.Ac.Id. Vol 8. No 2.

Ambarwati, Arie. (2018). Buku Perilaku dan Teori Organisasi. Malang: Media Nusa Creative.

Baroroh, Ali. (2013). Analisis Multivariat Dan Time Series dengan SPSS 21. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Cindy, Nastiti, N. (2021). Implikasi Motivasi Belajar dan Manajemen Waktu terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa STIE Indonesia Banjarmasin. 10(April). http://journal.stiei-kayutangi-bjm.ac.id/.

Damanik, Rabukit. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. 9(1), 51–55.

Fauzi. (2020). Analisis Hubungan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Hasil Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP). 8, 449–457.

Fitriani. (2018). Pengaruh Manajemen Waktu Dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), 126–134.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivirate dengan Program IBM SPSS19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Gozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harlina. (2014). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application. 3(1), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk.

Hardani, (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Hasan. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Al-As’ad Brambang Diwek Jombang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 93–117. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v5i1.247

Kurnia. (2014). Academy Of Education Journal. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 5 No. 2 Juli 2014. 5(2), 91–103.

Mulyadi. (2015). Hubungan Perhatian Orang tua dan Manajemen Waktu Belajar Dengan Prestasi Belajar Geografi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(November), 1689–1699. http://www.statsghana.gov.gh/docfiles/glss6/GLSS6_Main Report.pdf%0Ahttps://resources.saylor.org/wwwresources/archived/site/wp-content/uploads/2015/07/ENVS203-7.3.1-ShawnMackenzie-ABriefHistoryOfAgricultureandFoodProduction-Ccbyncsa.pdf

Margareta. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Perfeksionisme Dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Dengan Regulasi Diri Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal. 8(1), 79–94.

Marlin. (2017). Pengaruh Motivasi dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Vol 1 No 1 Juli 2017. 1(1), 17–26.

Mubbarroq. (2015). Pengaruh motivasi belajar, metode pembelajaran dan sarana pendidikan terhadap prestasi belajar mahasiswa di stienu gresik. Jurnal Fakultas Ekonomi Vol 04. No 2. 175–189.

Muhson, Ali (2015). Pedoman Pratikum Aplikasi Komputer Lanjut. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Putra, Aditia, Rano. (2012). Faktor-Faktor Penentu Minat Mahasiswa Manajemen Untuk Berwirausaha Studi Mahasiswa Manajemen FE Universitas Negeri Padang. Jurnal Manajemen. https://www.slideshare.net/opayanti/45-671sm-53209976.

Rezki, (2017). Pengaruh Keaktifan dalam Organisasi terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Campalagian. Jurnal Saintifik 3(2), 153–160.

Rosyid, Mustajab, Abdullah. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Saepuloh, D. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Terhadap Prestasi Mahasiswa Di Fkip Universitas Islam Syekh-Yusuf. Jurnal Math Educator Nusantara, 25(2), 27–38.

https://www.researchgate.net/publication/329963355_Pengaruh_Keaktifan_Mahasiswa_Dalam_Organisasi_Terhadap_Prestasi_Mahasiswa_Di_Fkip_Universitas_Islam_Syekh-Yusuf_Tangerang%0d.

Sahriah. (2021). Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar Hubungan Manajemen Waktu Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 90 Mattumpu. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1(2), 67–74.

Salinan Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 155 /U/1998 Tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan Di Perguruan Tinggi.

https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/kepmendikbud_155_98.pdf

Santoso, I. B. (2019). Pengaruh Keaktifan Organisai Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2019-2020. Jurnal Ilmu Manajemen, 16(2), 102–113. https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/34768/14330

Setyaningrum (2018). Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. Jurnal Informasi & Komunikasi Administrasi Perkantoran. Volume 2, No 2, Februari 2018 Online: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap. 2(2).

Siswanto, Arifah, Ramadhan.(2019).Pengaruh Keaktifan di Organisasi dan IPK terhadap SoftSkil dan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif.Jurnal Taman Vokasi. Volume 7, No 2.Http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi.

Sholikhah, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Unesa Angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2), 76–80.

Sidabutar, Aidilsyah, Aulia, Umari, Khairi, Usman, Altania, 2020. (2020). Mahasiswa The Effect Of Student ’ S Motivation On Academic Achievement ( fenomena universal ) dan berlangsung meningkatkan kualitas sumber daya manusia , pembangunan nasional di bidang pendidikan . yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa , bertu. 1. Jurnal Epistema.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slameto, Drs. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rieneka Cipta

Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

https://pusdiklat.perpunas.go.id/regulasi/download/6

Universitas Pasir Pengaraian. 2021-2022. Jurusan & Program Studi. https://upp.ac.id/ Jumat, 07-01-2022. 09:50 WIB.

Zendrato. (2018). Pengaruh Organisasi Kemahasisaan Terha Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Stkip Nias Selatan Tahun. Jurnal Education and Development, 3(1), 44–47.

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Wina, W. S. (2022). ANALISIS PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI, MANAJEMEN WAKTU, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN). Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 835–844. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i3.1543

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.