Main Article Content

Abstract

Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Aksidental sampling dengan metode observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi dengan responden sejumlah 64 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini Faktor Psikologis (X1), Karakteristik Entrepreneur (X2), Inovasi (X3), Karakteristik UKM (X4) dan variabel terikat Pengembangan Usaha (Y). Dengan meliputi uji instrumen uji veliditas, uji realibilitas, uji asumsi kelasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedasitas. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan program SPSS. secara simultan, diperoleh F-hitung 27.928. Menunjukan Faktor Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi, Karakteristik UKM secara bersama-sama berpengaruh terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Kaki Lima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 65,4% Perkembangan usaha (PKL) dipengaruhi oleh Faktor Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi dan Karakteristik UKM, sedangkan sisanya 34,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara simultan Faktor Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi, dan Karakteristik UKM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Kaki Lima.

Keywords

Faktor Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi

Article Details

How to Cite
Muhammad Afrizal. (2022). ANALISIS FAKTOR PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG KAKI LIMA : FACTOR ANALYSIS OF THE DEVELOPMENT OF THE STREET VENDOR’S BUSINESS . Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 542–550. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki/article/view/1474

References

  1. Abarca, R. M. (2021a). Pengaruh Kewirausahaan,Keberhasilan Usaha, Terhadap Ciri Wirausaha Sukses. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, Setyorini 2010, 2013–2015.
  2. Abarca, R. M. (2021b). Pengaruh modal usaha karakteristik entrepereur terhadap perkembangan usaha. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.
  3. Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Jurnal Pelayanan rumah sakit. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.
  4. Dewi, R. S. (2013). Pengaruh Faktor Modal Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Dan Karakteristik Ukm Terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Di Pasar Tradisional (Studi kasus pada Pedagang Sembako dan Snack di Pasar Peterongan). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 29–40. https://doi.org/10.14710/jab.v2i1.5352
  5. Fathoni, A. (2015). Analisa Faktor Karakteristik Entrepreneur, Karakteristik Sumber Daya Manusia, dan Karakteristik UMKM Terhadap Perkembangan Usaha dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pedagang grosir dan retail di Pasar Genuk - Semarang). Jurnal Unpand, 1(2), 1–14. https://jurnal.unpand.ac.id.
  6. Izzaty, R. E., Astuti, B., & Cholimah, N. (2017). Metode Penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
  7. Izzaty, R. E., Astuti, B., & Cholimah, N. (2018). Psikologi Konfik Siswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
  8. Izzaty, R. E., Astuti, B., & Cholimah, N. (2019). Karakteristik Entrepreneur,Karakteristik Ukm,Terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Pasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
  9. Oscar, B., & Sumirah, D. (2019). Pengaruh Grooming Pada Customer Relations Coordinator (CRC) Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Astra international TBK Toyota Sales Operation (Auto2000) Pasteur. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 9(1), 1–11.
  10. Rachmadani, V. P. (2018). Pengaruh Human Capital Dan Psychological Ownership Kontemplasi Untuk Melakukan Business Exit (Studi kasus pada Pemilik UKM Kota Kediri).
  11. Rachman, T. (2018). Pengaruh Kualitas Informasi Perceived Usefulnes Persepsi Kemudahan Norma Subjektif Computer Self Efficacy Terhadap Minat Menggunakan Internet. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
  12. Saputra, B. R. (2014). Profil Pegadang Kaki Lima (PKL) yang Berjualan di Badan Jalan (Studi di Jalan Teratai dan Jalan Seroja Kecamatan Senapelan). Jom FISIP, 1(2), 1–15.
  13. Sari, I. Y. (2016). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UKM Kota Makassar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Alauddin Makassar, 1–134.
  14. Sugiyono. (2013a). Metode Peneltiain Analisis Data, Jakarta: Alfabeta. 63–85.
  15. Sugiyono. (2013b). Pengaruh Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Turi Tahun Pelajaran 2013/2014. 51–65.
  16. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian, Jakarta: Alfabeta. 47–78.
  17. Vijaya, D. P; Irwansyah, M. D. (2017). Perkembangan Usaha Umkm Di Kecamatan Buleleng Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 45–51.
  18. Yayu Tresnawati Septiani. (2019). Pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap kinerja usaha pengrajin sepatu kulit di Sukaregang Kabupaten Garut (Survei pada Pengrajin Sepatu Kulit di Sukaregang). 15–46.