ANALISIS FAKTOR PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG KAKI LIMA

DOI:

https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1474

FACTOR ANALYSIS OF THE DEVELOPMENT OF THE STREET VENDOR'S BUSINESS

Authors

  • Muhammad Afrizal Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Faktor Psikologis
Karakteristik Entrepreneur
Inovasi

Abstract

Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Aksidental sampling dengan metode observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi dengan responden sejumlah 64 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini Faktor Psikologis (X1), Karakteristik Entrepreneur (X2), Inovasi (X3), Karakteristik UKM (X4) dan variabel terikat Pengembangan Usaha (Y). Dengan meliputi uji instrumen uji veliditas, uji realibilitas, uji asumsi kelasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedasitas. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan program SPSS. secara simultan, diperoleh F-hitung 27.928. Menunjukan Faktor Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi, Karakteristik UKM secara bersama-sama berpengaruh terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Kaki Lima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 65,4% Perkembangan usaha (PKL) dipengaruhi oleh Faktor Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi dan Karakteristik UKM, sedangkan sisanya 34,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara simultan Faktor Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi, dan Karakteristik UKM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Kaki Lima.

Downloads

Read More

Downloads

Published

2022-02-22

How to Cite

Muhammad Afrizal. (2022). ANALISIS FAKTOR PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG KAKI LIMA : FACTOR ANALYSIS OF THE DEVELOPMENT OF THE STREET VENDOR’S BUSINESS . Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 542–550. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1474

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.