PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERNUANSA KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 1 RAMBAH
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v11i2.2253Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah,, Kearifan lokak,, literasi matematisAbstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah dapat meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah bernuansa kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek adalah 32 siswa kelas VIII SMP N 1 Rambah. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus. Siklus pertama dan siklus kedua terdiri dari dua pertemuan. Data dikumpulkan melalui tes awal, observasi, tes kemampuan literasi matematis I dan II dan dokumentasi. Perolehan skor rata-rata siswa pada tes kemampuan awal adalah 56,25 berada pada kriteria rendah dan persentase ketuntasan sebesar 34,38%. Namun meningkat setelah diberikannya tindakan pada siklus I. perolehan nilai rata-rata siswa adalah 70,31 dengan persentase ketuntasan sebesar 75%. Telah terjadi peningkatan pada siklus I namun masih ada ruang untuk perbaikan. Sehingga dilaksanakan siklus kedua. Perolehan nilai rata-rata siklus II adalah 81,09 dan persentase ketuntasan 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah model pembelajaran berbasis masalah bernuansa kearifan lokal diterapkan, kemampuan literasi matematis siswa dapat meningkat.
Downloads
References
Ikhwanudin, T. (2018). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.30738/.v6i1.1560
Kenedi, A. K. (2018). LITERASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/538q2
Kurnila, V. S., Badus, M., Jeramat, E., & Ningsi, G. P. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bermuatan Penilaian Portofolio. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 10(1), 88–97. https://doi.org/10.34312/euler.v10i1.13963
Nurlaela, E., & Imami, A. I. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VII SMPIT Insan Harapan. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 33. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.270
Rakhmawati, I. A., & Alifia, N. N. (2018). KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI PENGUAT KARAKTER SISWA.
Sari, M. P., & Khiyarunnisa’, A. (2017). Problem Based Learning: Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa.
Sofiyani, A. N. (2023). Keefektifan Model PBL Bernuansa Etnomatematika Berbantuan E-LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. 3(2).
Zamzami, N. D., Nurhayati, N., Sofiyulloh, M. W., & Salimi, M. (2017). RAGAM PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL.
Hasriani. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing (Discovery Learning) Pada Pokok Bahasan Bangun Datar (Segiempat Dan Segitiga) Kelas VII SMP Negeri 1 Sunggumnasa Kabupaten Gowa (Vol. 110265).
OECD, PISA 2015 draft mathematics framework, 2013.
Pulungan, D. A.(2014).Pengembangan instrumen tes literasi matematika model PISA, Semarang: Journal of Educational Research and Evaluation
Fitri, Rahma, Helma, Hendra Syarifuddin. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika : Part 2 Vol. 3 No. 1. h. 18-22.
Oktavia, R. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Kelas VII SMP TMI Roudlotul Qur'an Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015). Universitas Lampung.
Kesumawati, Nila. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika. [On Line]. Tersedia: P-18 Pendidikan (Nila K) http:eprints.uny.ac.id69281P-18%20Pendidikan%28Nila%20K%29.pdf.
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta
Ilmiyah, A. M., Sthephani, A., Ariawan, R., Dahlia, A., & Sari, R. N. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL materi segi empat kelas VII MTs Negeri 3 Siak. Journal of Didactic Mathematics, 2(3), 101–110. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i3.959
Ratnawati. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Segiempat Kelas VII MTs Madani Alauddin. 3, 1–9.
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58