Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dadam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Komposisi Kelas X SMAN 3 Rambah Hilir

Authors

  • Wirdatul Jannah Universitas Pasir Pengaraian
  • Annajmi Annajmi Universitas Pasir Pengaraian
  • Lusi Eka Afri Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v12i2.2914

Keywords:

Analisis Kesalahan,, Prosedur Newman,, Fungsi Komposisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman kelas X SMAN 3 dalam menyelesaikan soal materi fungsi komposisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 34 siswa kelas X IPA 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dari 3 soal yang diujikan, terdapat kesalahan membaca masalah (reading) sebesar 46,07% yang disebabkan karena tidak mampu membaca atau mengenal simbol-simbol pada soal, kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Kesalahan memahami masalah (chomprehension) sebesar 46,07% yang disebabkan karena tidak dapat memahami apa yang diketahui dan ditanya pada soal, kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Kesalahan transformasi masalah (transformation) sebesar 11,76% yang disebabkan karena tidak mampu membuat model matematika dengan lengkap. Kesalahan keterampilan proses (process skill) sebesar 43,13% yang disebabkan karena tidak mampu membuat langkah-langkah yang akan digunakan pada soal, ceroboh dalam proses perhitungan tidak memanfaatkan waktu dengan baik, terburu-buru dalam menyelesaikan soal. Kesalahan jawaban akhir (encoding) sebesar 75,49% yang disebabkan karena tidak menuliskan kesimpulan dari jawaban soal tersebut, pada kesimpulan tidak tepat dalam menuliskan notasi, tidak dapat memberikan jawaban dengan tepat, tidak teliti dalam menyelesaikan soal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, Y., Rusdi, & Agus, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Fungsi Komposisi Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurna Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 194–202.

Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahahsan Persamaan Linier Berdasarkan Newman Kelass X-Mia di SMA Bayt Al-hikmah Kota Pasuruan. Prosiding SNMPM11, Prodi Pendidikan Matematika, Unswagati, 2(1), 346–359.

Astuty, K. Y., & Wijayanti, P. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal MatematikaPada Materi Pecahan di SDN Medokan Semampir 1/259 Surabaya. Jurnal MATHEdunesia, 3(2), 1–7.

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan. Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 40–51.

Hariyanti, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soa Cerita Sistem Persamaan Lineaar Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Neman. Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 39–50.

Hudzaifah. (2013). Pembelajaran Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Melalui Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sisiwa SMA. Jurnal Pendidikan Sain, 1(4), 397–403.

Khatimah, K., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2017). Pemberian scaffolding untuk mengatasi hambatan berpikir siswa dalam memecahkan masalah aljabar. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika VOLUME, 1(1), 36–45.

Layn, M. R., & Kahar, M. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 3(2), 59–145.

Mulyadi, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1), 80–87.

Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Scaffoding- nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Pendidikan Matematika Dan Sains Tahun II, 2, 109–116.

Singh, P., Abdul Rahman, A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: A Malaysian Perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences 8, 8, 264–271.

Waluyo, S., & Yustiana, A. (2017). Analisis KEsulitan Siswa Kelas XI Menyelesaikan Soal Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers di SMA Al- Washliyah Tanjung Morawa. Prosiding Seminar Nasional Sinastekmapan, 1, 839–852.

White, A. L. (2010). Numeracy, Literacy, and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southest Asia, 32(2), 129–148.

Wijaya, A. A., & Masriyah. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 25–31.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Jannah, W., Annajmi, A., & Afri, L. E. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dadam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Komposisi Kelas X SMAN 3 Rambah Hilir. Jurnal Edu Research, 12(2), 28–39. https://doi.org/10.30606/jer.v12i2.2914

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.