PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI GRAFIK FUNGSI KUADRAT BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Tanti Mulya Dana Putri Universitas Pasir Pengaraian
  • Nurrahmawati Nurrahmawati Universitas Pasir Pengaraian
  • Riska Novia Sari Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v12i1.2913

Keywords:

Pengembangan Video Pembelajaran,, Aplikasi GeoGebra,, Grafik Fungsi Kuadrat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada materi grafik fungsi kuadrat sehingga membuat hasil belajar siswa banyak yang tidak tuntas. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru maka diperlukan alternatif yang berpusat pada siswa yaitu menggunakan bantuan aplikasi GeoGebra. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran matematika pada materi grafik fungsi kuadrat berbantuan aplikasi GeoGebra untuk siswa Sekolah Menengah Atas yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan four-D (4- D) yang dimodifikasi menjadi 3D tahap yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan dan (develop). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambah tahun pelajaran 2021/2022. Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi dan lembar angket praktikalitas. Uji validitas video pembelajaran matematika berbantuan aplikasi GeoGebra divalidasi oleh 3 orang validator. Hasil validasi video pembelajaran matematika adalah 3,88 dengan kategori sangat valid dan layak untuk digunakan. Sedangkan uji praktikalitas diperoleh rata-rata 3,46 dengan kategori sangat baik dan mudah untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldian. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Animasi Gif Berbantuan Aplikasi GeoGebra. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ario M., Asra, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Studi Pendidikan Matematika. 8(1), 20–31.

Deswita, H., & Niati, B. (2018). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris Matematika Berbasis Collaborative Learning Untuk Mahasiswa Guruan Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(3), 118–126. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Isman, M. N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Guruan Matematika, 5(1), 10–19.

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Gauss: Jurnal Guruan Matematika, 1(1), 26. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.634

Mimbadri, Y., Suharto, Oktavianingtyas, E (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Classflow Berbantuan Sofwere Geogebra Pada Materi Integral Luas Daerah. Jurnal Majamath, 9(September), 2.

Prastowo. (2017). Tingkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together. Jurnal Guruan Guru Sekolah Dasar, 3(March), 2.

Sarfini. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Teks Deskriptif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Di SMP Negeri 16 Merangin. Tesis. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Syarifuddin Jambi.

Sari, D. P. (2016). Berpikir Matematis dengan Metode Induktif dan Abstrak. Jurnal Matematika Dan Guruan Matematika, 5(1), 79–89.

Sari, R. F., Budayasa, K., & Lukito, A (2020).Pengembangan Prangkat Pembelajaran Langsung dengan Media Animasi Berbasis Flash Pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Majamath, 3(March), 3.

Sugiyono. (2015). Tingkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together. Jurnal Guruan Guru Sekolah Dasar, 3(March), 2.

Syukri, R., Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. EDUMATICA | Jurnal Guruan Matematika, 8(2), 81–91.

Tamami, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi Lingkaran. Jurnal Teknodik. 25, 1–12.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Putri, T. M. D., Nurrahmawati, N., & Sari, R. N. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI GRAFIK FUNGSI KUADRAT BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Edu Research, 12(2), 14–27. https://doi.org/10.30606/jer.v12i1.2913

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.