Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Question Study Have Kelas VI Pada Pembelajaran IPS Materi Globalisasi SD Negeri 008 Rambah Hilir Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v8i2.320Keywords:
masalah sosial, Question Student Have , globalisasiAbstract
Ilmu pengetahuan sosial merupakan sebuah ilmu yang bertujuan untuk mendalami masalah sosial, ekonomi dan geografi. Tetapi kenyataannya dalam masih kurang minat siswa dalam mengikuti pembelajaran ini. Hal ini terbukti ketika proses pengamatan .Hal yang sering dihadapi guru di SD Negri 008 Rambah Hilir, terutama dalam pembelajaran IPS adalah rendahnya aktivitas murid di dalam kelas dan pembelajaran terasa hanya satu arah tanpa umpan balik dari siswa. Dalam menegrjakan latihan ketika proses pembelajaran juga masih banyak yang salah.Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan prestasi anak adalah menggunakan metode question student have. Dengan penerapan metode ini kelas menjadi lebih hidup dan siswa menjadi lebih aktif dan melakukan tanya jawab dalam pembelajaran. Metode ini juga menanamkan karakter yang bertanggung jawab, jujur dan percaya diri siswa makin meningkat. Dalam metode ini siswa tidak terasa dipaksa untuk membuat satu pertanyaan dan dibacakan oleh temannya secara bergantian sampai selesai sesuai jumlah murid dalam satu kelas tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh positif penggunaan metode Question student have dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Globalisasi berdampak terhadap peningkatan nilai pada hasil ulangan harian pada siswa kelas VI SD Negeri 008 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Hal ini dapat terlihat dari hasil ulangan yang dilakukan dua siklus pembelajaran. Pada ulangan setelah siklus pertama hanya 60% siswa yang nilai sesuai KKM yang taaelah ditentukan. Pada ulangan harian setelah siklus dua dan dalam pembelajaran menggunakan menggunakan metode Question student have hampir dari seluruh jumlah murid (atau 92%) nilainya sudah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimum