PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII

Authors

  • Muslimatun Nikmah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian
  • Riska Novia Sari Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian
  • Lusi Eka Afri Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian
  • Arcat Arcat Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v10i1.981

Keywords:

LAS,, pengembangan,, problem based learning, segiempat dan segitiga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis problem based learning pada materi segiempat dan segitiga untuk SMP/MTs kelas VII. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kualitas kelayakan LAS yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa 6 LAS matematika pada materi segiempat dan segitiga untuk SMP/MTs kelas VII dengan pendekatan pembelajaran problem based learning. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan 4D, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi uji coba pengembangan dan tahap disseminate tidak dilakukan karena terkendala waktu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian LAS untuk dosen ahli dan guru matematika pada aspek kevalidan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan LAS memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata total penilaian oleh validator adalah 4,43. Sehingga produk yang dihasilkan layak untuk diuji cobakan dan digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armis & Suhermi. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Kelas VII Semester 1 SMP/MTs Materi Bilangan dan Himpunan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 25-42.

Depdiknas .2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika SMP/MTs. Jakarta: Depdiknas.

Kharisma, J. Y & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemacahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1). 34-46.

Reski, R., Hutapea, N. M., & Saragih, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 701-717.

Radeswandri. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bilangan Bulat. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 2(2), 101-110.

Syafitri, I. R., Heleni, S., & Solfitri, T. (2021). Pengembangan Perangkat Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning). 4(2), 181-188.

Sari, R. N., & Yusnita, Y. (2018). Praktikalitas dan Efektivitas Modul Logika Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL). Edumatica, 8(2), 35-44.

Setyowati, H., Wiryokusumo, I., & Sugito. (2019). Perangkat Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Materi Transformasi Geometri di Kelas XI SMK. Jurnal Education and Development, 7(2), 227-232.

Sulistyani, N & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197-210.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Yudhi, P. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistics Mathematics Education (RME). Pada Materi FPB dan KPK untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Menara Ilmu, XI(74), 144-149.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Nikmah, M., Novia Sari, R., Eka Afri, L., & Arcat, A. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII. Jurnal Edu Research, 10(1), 42–48. https://doi.org/10.30606/jer.v10i1.981

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.