Strategi Belajar & Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analisis
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.800Keywords:
Strategi Belajar,, Keterampilan Berpikir AnalisisAbstract
Penelitian ini bertujuan agar proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpikir analisis dapat memberikan hasil dan prestasi yang baik bagi generasi bangsa dan negara. Proses pembelajaran harus disertai dengan strategi pembelajaran, yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa, terutama kemamuan berpikir tingkat tinggi yaitu berpikir kritis analisis dan kreatif. Salah satu kemampuan berpikir yang akan dilatihkan analisis siswa yang meliputu orientasi, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan. Semua aspek tersebut memberikan peranan penting dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir analisis. Dengan adanya strategi belajar dan pembelajaran diharapkan proses belajar maupun pembelajaran IPS dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa. Kemampuan berpikir analisis dapat mempermudah individu dalam menyelesaikan permaslahan dan meningkatakan hasil belajar siswa. Seiring perkembangan teknologi dan zaman, hal tersebut juga menjadi motivasi agar pembelajaran IPS lebih bermakna dan terpakai dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.
Downloads
References
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Iskandarwassid, Dadang, Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. ogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.