ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v12i2.2700Keywords:
Kemampuan literasi numerasi,, siswa SMPAbstract
Kemampuan literasi merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa sebagai prasyarat kecakapan hidup abad ke-21. Menurut World Economic Forum pada tahun 2015, ada enam literasi dasar yang harus dimiliki siswa, salah satunya adalah kemampuan literasi numerasi. Literasi numerasi yang baik akan melahirkan siswa yang terampil menggunakan matematika dengan percaya diri di pembelajaran sekolah maupun di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu kemampuan literasi numerasi sangat penting dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi numerasi siswa SMP dengan menggunakan indikator kemampuan literasi numerasi. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian adalah 19 siswa kelas VIII di salah satu SMP Swasta di Kabupaten Rokan Hulu. Teknik analisis data Miles dan Huberman digunakan pada penelitian ini. Dari hasil penelitian diperoleh nilai tes literasi numerasi siswa masih terletak di interval ≤40 yang termasuk kategori rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa belum sepenuhnya memahami apa yang dimaksud soal. Indikator yang paling rendah yaitu indikator ketiga yaitu menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi guru agar dapat mengembangkan kemampuan literasi numerasi siswa dalam pembelajaran di kelas.
Downloads
References
Akhirman. (2017). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter yang Membumi di Bumi Pat Petulai untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 2 (1) : 82-95.
Alimuddin, Layly, S., Helmi, H., & Alimuddin, N. F. (2022). The Students' Numerical Literacy Ability in Junior High Schools. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(2), 269-282
Arahmah F, Banindra C, Ulfa M. Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Pada Matematika Melalui Metode Student Facilitator and Explaining. 2021;(2015):209–18.
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472-483.
Borgonovi F, Choi A, Paccagnella M. The evolution of gender gaps in numeracy and literacy between childhood and young adulthood. Econ Educ Rev [Internet]. 2021;82(April):102119. Available from: https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2021.102119
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Hendrawati N, Muttaqin N, Susanti E. Etnomatematika : Literasi Numerasi Berdasarkan Bahasa pada Suku Kowai Kabupaten Kaimana. Pros Semin Nas Integr Mat dan Nilai Islam [Internet]. 2019;3(1):239–43. Available from: http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS
Jambi U. Development of E-Modules Based on Local Wisdom in Central Learning Model at Kindergartens in Jambi City. Eur J Educ Res. 2019;8(4):1137–43.
Kemendikbud. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidik dan Kebud. 2017;8(9):1–58.
Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati, H. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 6(1), 35-42.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.
Ma’sum, A. (2014). Profil Kemampuan Penalaran Matematis siswa dalam menyelesaikan bangun ruang sisi lengkung. Prodi Pendidikan Matematika. STKIP Jombang
Nadjamuddin, A., & Hulukati, E. (2022). KemampuanLiterasi Numerasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Basicedu, 6(1), 987-996.
Nasaruddin. (2013). Karakteristik dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika diSekolah. Al-Khwarizmi. 2 (3) : 63-76.
Noviani, J. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Menurut Tahapan Kastolan dan Pemecahan Masalah MatematikaFinansial Model Polya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika: AL-QALASADI,3(1), 27–39.
Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal konteks sosial budaya pada topik geometri jenjang SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548-1562
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurrahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.