Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aksebilitas, electronic word of mouth dan amenitas terhadap minat berkunjung wisatawan ke objek wisata air panas hapanasan. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata air panas hapanasan. Sampel penelitian menggunakan teknik aksidental sampling dengan jumlah sebanyak 100 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini aksebilitas (X1), electronic word of mouth (X2), amenitas (X3) dan variabel terikat minat berkunjung (Y). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 2,143 + 0,314 X1 + 0,541 X2 + 0,199 X3+ e. Secara parsial, diperoleh t-hitung aksebilitas 4,654, electronic word of mouth 7,525 dan amenitas 3,665.  Secara simultan, diperoleh F-hitung 1716,39. Hasil penelitian ini baik pada pengujian secara parsial (uji t) maupun pengujian secara simultan (uji F) aksebilitas, electronic word of mouth dan amenitas berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan ke objek wisata air panas hapanasan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 98,1% minat berkunjung dipengaruhi oleh aksebilitas, electronic word of mouth dan amenitas, sedangkan sisanya 1,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords

aksebilitas, electronic word of mouth, amenitas, minat berkunjung

Article Details

How to Cite
Aritona, A. (2022). PENGARUH AKSEBILITAS, E-WOM DAN AMENITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE OBJEK WISATA AIR PANAS HAPANASAN. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 856–872. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i3.1547

References

  1. Albarq (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.
  2. Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi. Revisi VII. Jakarta: Erlangga.
  3. Assael (2013). Prinsip Pemasaran. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Penerbit. Erlangga.
  4. Cahyani dan Aditya (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta:Erlangga.
  5. Crouch dan Ritchie (2013). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integreted :Marketing Communication. Jakarta :Erlangga.
  6. Daryanto (2011). Perilaku Konsumen. Jakarta :Binarupa Aksara.
  7. Era (2012). Promosi Pemasaran. Jakarta :Bina Aksara.
  8. Ferdinand (2012). Teori-teori Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
  9. Goeldner dkk (2016). Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.
  10. Heriawan (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta:Erlangga.
  11. Josiam dan Frazier (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta :Bumi Aksara.
  12. Kinnear dan Taylor (2013). Marketing. Yogyakarta. Media Pressindo.
  13. Kiswanto (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba.
  14. Kotler Philip, dan Amstrong. (2013). Prinsip–Prinsip Marketing. Edisi kedelapan. Jakarta:Erlangga.
  15. Kotler dan Susanto (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.
  16. Leksono dkk (2012). Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas pelanggan. Jakarta: Erlangga.
  17. Modjanggo (2012). Marketing. Yogyakarta. Media Pressindo.
  18. Rahardjo (2012). Strategi Marketing Plus. Jakarta: Gramedia.
  19. Rusvitasari dan Solihin (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 10. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.
  20. Sammeng (2011). Strategi Marketing Plus. Jakarta: Gramedia.
  21. Scottish (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 10. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.
  22. Siregar (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi. Revisi VII. Jakarta: Erlangga.
  23. Spillane (2017). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Yogyajarta :BPFE.
  24. Sugiyono (2014). Metode Peneltian Bisnis. Jakarta : Bumi Aksara.
  25. Sumayang (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 10. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.
  26. Suryabrata (2013). Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Jakarta :Erlangga.
  27. Suwantoro (2013). Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Jakarta :Erlangga.
  28. Suwena & Widyatmaja (2012). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan. Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  29. Swasta, Basyu (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Kompas.
  30. Taufik (2017). Perilaku Konsumen. Jakarta:Erlangga.
  31. Trihatmodjo (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta:Salemba Empat.
  32. Weber (2012). Manajemen Strategi. Jakarta :Gramedia.
  33. Witt dan Mountinho (2014). Manajemen Strategi. Jakarta :Gramedia.
  34. Yoeti (2013). Pemasaran. Salemba Empat, Jakarta.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.