Main Article Content

Abstract

Pemerintah Republik Indonesia melalui Bank Indonesia sejak 14 Agustus 2014 telah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan instrumen nontunai, sehingga seiring waktu akan terbentuk suatu komunitas atau masyarakat transaksi nontunai (Less Cash Society / LCS) dengan menggunakan instrumen nontunai dalam kegiatan ekonominya (Bank Indonesia, 2014) disamping itu Gubernur BI juga telah mengeluarkan regulasi baru tentang e-Money No.18/17/PBI/2016 yang isinya mengatur tentang peredaran uang electronik maupun layanan keuangan digital (LKD) kepada masyarakat. Technology Acceptance Model, Model penerimaan teknologi (TAM) adalah sebuah model untuk menilai apakah sebuah teknologi dapat diterima/tidak oleh masyarakat baik secara individu. (Tatjana, 2016). Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa variabel-variabel TAM secara signifikan berpengaruh terhadap minat menggunakan teknologi.

Keywords

Financial Technology, Technology Aceptence Model, Mobile Payment

Article Details

How to Cite
Ar Rasyid, R., Sunarya, E., & M Ramdan, A. (2020). Analisis Minat Menggunakan Mobile Payment Dengan Pendekatan Technology Accpetance Model Pada Pengguna Link Aja Sukabumi . Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 116–125. https://doi.org/10.30606/hirarki.v2i2.387

References

    Ajeng, N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan T-Cash Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia SKRIPSI Oleh : Nama No Mahasiswa : Ajeng Nurmalasari FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA.
    Bank Indonesia. (2014). Mengurangi Ketergantungan pada Uang Tunai. Gerai Info Bank Indonesia, 50, 4–5.
    Chauhan, S. (2015). Acceptance of mobile by poor citizens of India : Integrating trust into the technology acceptance model. Emerald Insight, 17(3), 58–68. Retrieved from https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/info-02-2015-0018/full/html
    Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
    Dewi Rachmat Kusuma. (2019). BUMN Resmi Luncurkan Aplikasi LinkAja. Retrieved from kumparan.com website: https://kumparan.com/kumparanbisnis/bumn-resmi-luncurkan-aplikasi-linkaja-1rNV1vpouEF
    Fishbein, M. (2014). The Influence of Attitudes on Behavior. (July).
    Kompas. (2018). Perkembangan Industri Fintech di 2017 dalam Kacamata Asosiasi. Retrieved January 12, 2020, from Kompas.com website: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/16/210000526/perkembangan-industri-fintech-di-2017-dalam-kacamata-asosiasi?page=all
    Mathieson, K. (1991). Comparing The Technology Acceptance Model with The Theory of Planned Behaviour. Information Systems Research, 2, 3(3), 173–191.
    Rakhmad S, A., Astuti, E. S., & Susilo, H. (2012). Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terhadap penggunaan youtube dengan pendekatan tam. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/73685-ID-pengaruh-persepsi-kemudahan-dan-persepsi.pdf
    Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&DMetode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
    Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
    Tatjana, A. (2016). Stakeholders ’ expectations of mobile payment in retail: lessons from Sweden. International Journal of Bank Marketing, 34(1), 37.